Fantastis! Sewa Joki Tes CPNS Hingga Puluhan Juta Rupiah

Fantastis! Sewa Joki Tes CPNS Hingga Puluhan Juta Rupiah

Pelaku RT terduga joki CPNS saat diinterogasi oleh panitia dan tim Intel Kejati Lampung. Foto ist--

BACA JUGA:10 Rekomendasi Benih Kembang Kol Dataran Rendah di Musim Kemarau, Nomor 1, 2 dan 3 Paling Cepat Panen

Sedangkan untuk tes hari terakhir, Selasa 14 November 2023, imbuh Nanang, berjalan lancar. ’’Alhamdulillah, hari ini (kemarin) terakhir tes lancar," ujarnya.

Asintel Aliansyah menambahkan proses penyidikan dan pengembangan perkara joki selanjutnya diserahkan ke penyidik Ditreskrimsus Polda Lampung.

Namun saat ditanya siapa yang menyuruh pelaku RT menjadi joki CPNS di kejaksaan, dia mengatakan hal itu ranah kepolisian. ’’Kami sudah serahkan ke kepolisian," singkatnya.

Diketahui, Tim Intelijen Kejati Lampung bersama panitia CPNS menangkap wanita berinisial RT (20) yang diduga menjadi joki tes SKD CPNS kejaksaan tahun 2023.

BACA JUGA:4 Manfaat Telur untuk Perawatan Rambut dan Begini Cara Penggunaannya

Kasipenkum Kejati Lampung Ricky Ramadhan mengatakan pada Senin (13/11) diselenggarakan tes SKD CPNS kejaksaan tahun 2023 berbasis computer assisted test (CAT) di Graha Achava Join, Jl. Pramuka Gg. Bukit Alam Permai, Rajabasa, Bandarlampung.

Joki itu terungkap saat tim PAM SDO Intelijen Kejati Lampung bersama panitia pengawas tes menemukan kejanggalan pada salah seorang peserta.

"Ketika peserta tersebut akan melakukan registrasi pengambilan PIN, pada aplikasi ditemukan ketidakcocokan wajah asli dengan foto pada data aplikasi," kata Ricky, Selasa 14 November 2023.

Modus operandi joki tersebut, mula-mula datang sebagai peserta dengan memakai pakaian hitam putih layaknya peserta dengan membawa nomor peserta ujian dan KTP.

BACA JUGA:Bakal Calon Kepala Daerah Partai Golkar Seluruh Lampung Diundang ke DPP, Ini Daftarnya

"Namun ketika memasuki meja registrasi dan dilakukan pemeriksaan wajah serta identitas oleh panitia, wajahnya tidak dapat terdeteksi oleh aplikasi registrasi. Maka panitia pun menyarankan untuk menunggu terlebih dahulu di kursi peserta," ujar Ricky. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: