Dukung Tansformasi Kesehatan, Umpri Lampung Komitmen Hasilkan Lulusan Dengan Keahlian Klinis Tinggi

Dukung Tansformasi Kesehatan, Umpri Lampung Komitmen Hasilkan Lulusan Dengan Keahlian Klinis Tinggi

Peringatan Hari kesehatan Nasional di Universitas Muhammadiyah Pringsewu (Umpri) Lampung. FOTO ISTIMEWA --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-59 berlangsung di Universitas Muhammadiyah Pringsewu (Umpri) Lampung, Selasa 21 November 2023. 

Kegiatan bertajuk Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju ini dibuka Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Hasan Basri.

Sejumlah kegiatan memeriahkan HKN Ke-59 di Pringsewu. Termasuk Fun Game yang diikuti peserta dari instansi kesehatan yang berlangsung di Graha Ahmad Dahlan.

Dalam sambutan Pj. Bupati, Hasan Basri menyatakab menyambut baik kegiatan tersebut 

Menjadi langkah positif untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Pringsewu, Lampung. 

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati juga menekankan semangat kolaborasi dan kerja sama dalam mencapai tujuan kesehatan yang lebih baik.

"Saat ini Indonesia mengalami periode bonus demografi. Sebuah momentum langka dalam sejarah bangsa. Untuk itu, kita harus memanfaatkannya dengan baik agar bisa melewati middle income trap dan mencapai Indonesia emas 2045," tegasnya.

Dalam konteks tema HKN ke-59, disampaikan enam pilar transformasi yang diharapkan bisa mengubah landscape kesehatan nasional menjadi lebih baik. 

Pilar-pilar tersebut melibatkan perubahan signifikan dalam layanan kesehatan primer, rujukan, ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, sumber daya manusia kesehatan serta teknologi kesehatan.

Pj. Bupati juga menyoroti pentingnya transformasi budaya kerja dalam sektor kesehatan.

Kemudian menekankan bahwa perubahan yang diinginkan tidak hanya bersifat teknis.

Namun juga melibatkan perubahan dalam sikap dan budaya kerja para tenaga kesehatan.

"Transformasi kesehatan tidak dapat terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan. Oleh karena itu, diharapkan semua tenaga kesehatan, pegawai, dan pejabat pemerintah bekerja dengan kompeten, jujur, selaras, dan berintegritas dalam mengawal dan menyukseskan transformasi kesehatan yang lebih maju," ujarnya. 

Dilanjutkan, peringatan HKN ke-59 di Pringsewu bukan hanya perayaan semata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: