BREAKING NEWS! Badak Delilah Melahirkan Anak Pertamanya di Balai TNWK

BREAKING NEWS! Badak Delilah Melahirkan Anak Pertamanya di Balai TNWK

Badak Delilah melahirkan anak di TNWK Lampung Timur--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Populasi badak sumatara (Dicerorhinus sumatrensis) di Balai Taman Nasional Way Kambas (TNWK) kembali bertambah.

Itu menyusul, lahirnya anak badak jantan dari induk Delilah dan pejantan Harapan, Sabtu 25 November 2023, pukul 04.00 Wib.

Kelahiran anak pertama Delilah itu di luar waktu perkiraan. Yaitu, di hari kebuntingan ke 460 atau atau 10 hari lebih cepat dari perkiraan kelahiran.

Pada pukul 08.19 WIB, badak Delilah ditemukan sudah bersama anaknya di hutan oleh penjaga satwa Suaka Rhino Sumatra (SRS) TNWK.

BACA JUGA:Disparbud Tanggamus Lampung Pantau Objek Wisata yang Dikelola Kelompok Masyarakat

Informasi tentang kelahiran badak Sumatra itu disampaikan  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melalui siaran pers bernomor SP.406/HUMAS/PPIP/HMS.3/11/2023.

Melalui siaran pers tersebut Siti Nurbawa menjelaskan,  saat ini di Suaka Rhino Sumatra (SRS) TNWK telah berhasil dilahirkan 5 individu badak sumatera.

Masing-masing, Andatu (2012), Delilah (2016), Sedah Mirah (2022), anak ketiga dari Ratu-Andalas (30 September 2023) dan anak dari Delilah-Harapan (25 November 2023).

“Kami bersyukur dengan kelahiran ke lima di SRS TNWK. Kelahiran ini sekaligus menjadi kelahiran badak sumatera ke 2 di tahun 2023. Hal ini semakin menegaskan komitmen Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan upaya konservasi badak di Indonesia, khususnya badak sumatera,”ujar Siti Nurbawa melalui siaran pers tersebut.

BACA JUGA:Cek Suhu Maksimum Harian di Indonesia Hari Ini, Lampung dan Jawa Tengah Tercatat Aman

Dilanjutkan, Delilah merupakan badak betina berumur 7 tahun merupakan anak dari badan betina Ratu dengan Andalas yang dilahirkan pada 12 Mei 2016 lalu. 

Dengan kata lain, anak pertama Delilah juga merupakan cucu ke 1 dari Ratu dan Andalas.

Sedangkan, Harapan yang menjadi pejantan anak Delilah lahir dari perkawinannya dengan Emi dan Ipuh  di Kebun Binatang Cincinnati Amerika Serikat pada tahun 2007.

Badak Harapan mulai menempati SRS TNWK pada tahun 2015. Harapan sekaligus menjadi badak sumatera terakhir yang dipulangkan ke Indonesia, menandakan saat ini tidak ada lagi badak sumatera selain di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: