Kendalikan Inflasi, Lampung Timur Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah

Kendalikan Inflasi, Lampung Timur Kembali Gelar Gerakan Pangan Murah

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali menggelar gerakan pangan murah, Kamis 30 November 2023.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur kembali menggelar gerakan pangan murah, Kamis 30 November 2023.

Kali ini gerakan yang dilaksanakan dalam rangka menjaga stabilitad pasokan dsn harga pangan itu digelar di halaman Balai Desa Karya Makmur Kecamatan Labuhan Maringgai.

Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo melalui Plt.Asisten 2 KMS Tohir Hanafi saat membuka kegiatan tersebut menyatakan, komoditas pangan di Indonesia umumnya diproduksi pada wilayah tertentu dan bersifat musiman.

BACA JUGA:Kena Mutasi Panglima TNI, Ini Profil Faisol Izuddin Karimi Pengawal Jokowi Jabat Danrem Bogor

Padahal, konsumsi pangan tersebar merata di seluruh daerah dan relatif konstan setiap tahun.

Persoalan lain, pada musim paceklik pasokan pangan cenderung berkurang. Terutama, sebagai dampak fenomena el nino seperti yang terjadi saat ini.

Dilanjutkan, kondisi tersebut sering menimbulkan tidak stabilnya harga pangan. Hal itu, mengakibatkan terjadinya inflasi.

"Pada saat inflasi mempengaruhi daya beli masyarakat,"jelas KMS Tohir Hanafi.

BACA JUGA:3 Pengobatan Alami Penghilang Flek Hitam Di Wajah Sekaligus Cegah Penuaan Dini

Lebih lanjut dijelaskan, guna mengatasi dampak inflasi tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bersama Badan Pangan Nasional melakukan kegiatan stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui gerakan pangan murah.

"Semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau,"harap KMS Tohir Hanafi dalam acara yang juga dihadiri Kades  Karya Makmur Nanang Wahono.

Kesempatan yang sama Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Lamtim Irza Murni menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka pengendalian inflasi serta stabilitas pasokan dan harga pangan.

Dilanjutkan, gerakan pangan murah tersebut juga melibatkan Perum Bulog dan UMKM dan pihak terkait. Untuk kegiatan tersebut Perum Bulog menyiapkan 8 ton beras, 300 liter minyak goreng, 50 kg gula putih, 300 liter minyak goreng, 15 kg bawang merah, 15 kg bawang kating (bawang putih) dan 200 kg telur ayam.

BACA JUGA:Cafe Kekinian dan Instagramable Dengan Tema Vintage di Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: