Meski Tidak Marak, Jelang Nataru Satpol PP Bandar Lampung Tetap Awasi PMKS

Meski Tidak Marak, Jelang Nataru Satpol PP Bandar Lampung Tetap Awasi PMKS

Ilustrasi Satpol PP-ist-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Salpol PP) bakal meningkat pengawasannya kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Kasatpol PP Bandar Lampung Achmad Nurizki mengatakan, hal itu dilakukan tidak lain guna menjaga keamanan dan ketertiban umum di Kota Bandar Lampung.

"Jadi, ibu Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana sudah meminta kami (Satpol PP, red) untuk menjaga keamanan serta ketertiban di seluruh wilayah kota ini menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," katanya, Kamis, 7 Desember 2023.

PMKS yang dimaksud seperti gelandangan, pengemis, hingga anak punk. Namun menurutnya menjelang Nataru 2023 ini tidak terlihat marak seperti di bulan suci Ramadhan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

BACA JUGA:Jelang Libur Nataru, Disdag Bandar Lampung Diminta Lebih Aktif Turun ke Pasar

"Bila berdasarkan pantauan kami, pada Natal dan Tahun Baru tidak banyak PMKS yang berkeliaran. Biasanya mereka seperti pengemis, gelandangan, itu ramai di bulan puasa," ungkapnya.

Meski begitu, pihaknya terus melakukan pengawasan setiap harinya. Utamanya menggerakan Tim Katibum guna menyisir tempat-tempat yang digemari para pengemis.

"Setiap malam kami berkeliling, mengawasi perkemabangan PMKS, mengimbau hingga mengamankannya," ujarnya.

Termasuk mengamankan orang dengan gangguan jiwa bekerjasama dengan pamong dan Dinas Sosial untuk penanganannya.

BACA JUGA:Warning! Pengawasan Ketat Jelang Nataru Bakal Sasar Ritel Modern

"Karena Pemkot belum punya penampungan, untuk yang satu ini kita koordinasikan dengan Disos," terangnya seraya mendaskan pedagang musiman pernak pernik natal akan ditertibkan bila melanggar lokasi dagang sesuai Perda Nomor 1 Tahun 2018. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: