Jalani Rawat Inap Tanpa Biaya, Salamah Bersyukur Ibunya Sudah Terlindungi JKN  

 Jalani Rawat Inap Tanpa Biaya, Salamah Bersyukur Ibunya Sudah Terlindungi JKN   

-Foto dok BPJS Kesehatan cabang Kotabumi for Radar Lampung.-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pertambahan usia membawa perubahan dalam kebutuhan kesehatan seseorang, dan orang lanjut usia (lansia) adalah salah satu kelompok yang memerlukan perhatian khusus.

Saat usia lanjut, risiko penyakit dan masalah kesehatan cenderung meningkat. 

Selain itu seiring bertambahnya usia, bertambah pula pengeluaran seseorang terkait dengan biaya perawatan kesehatan.

Di sinilah JKN memegang peran penting dalam menjaga kesehatan dan kestabilan perekonomian keluarga.

Salamah (40), seorang warga Kotabumi, mengaku membuktikan sendiri seberapa besar manfaat JKN dalam upayanya menjaga kesehatan keluarga terutama ibunya yang telah memasuki usia lanjut. 

Sebagai anak tentu Salamah selalu mendampingi dan memantau kesehatan orang tuanya.

Beruntung ibunya telah memiliki JKN sehingga seluruh pengobatan ibunya tidak dikenakan biaya tambahan.

“Yang sakit ini ibu saya, Junaiyah namanya. Sekarang umurnya memasuki 73 tahun. Selama ini sudah bolak-balik ke rumah sakit untuk berobat, ya maklum karena usianya juga sudah tua. Setelah lebaran ini saja ibu saya sudah empat kali opname di rumah sakit. Seminggu keluar rumah sakit, setengah bulan kemudian opname lagi, begitu terus. Ibu saya ini sudah komplikasi. Awalnya ibu saya sakit mag, lalu darah tinggi dan kadar gulanya turun. Yang ketiga dan keempat ini ibu saya kena penyumbatan pembuluh darah di otak saraf,” ujar Salamah.

Diakui dirinya, ada beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan pada lansia.

Seperti adanya proses penuaan alami yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, gaya hidup yang tidak sehat, faktor genetik atau riwayat keluarga, pola makan yang buruk dan kondisi medis kronis yang dapat meningkatkan risiko komplikasi atau timbulnya masalah kesehatan lainnya.

“Saat ini kami fokus pada upaya pemulihan kesehatan ibu. Segala pantangan dan anjuran dari dokter kami patuhi untuk kesembuhan ibu. Alhamdulillah sekali kami sekeluarga punya JKN jadi untuk dari sisi pengobatan medis tidak ada hambatan. Ibu saya bisa berobat gratis dan tetap mendapatkan layanan kesehatan yang dibutuhkan,” katanya.

Ditanya soal pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit? Menurutnya juga sudah cukup baik dan tidak tampak perlakuan diskriminasi walaupun ibunya adalah peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Alhamdulillah, semua dokter dan perawatnya ramah-ramah. Tidak ada kendala dalam pengobatan ibu saya selama ini. Pokoknya pelayanan kepada pasien JKN menurut saya sudah cukup baik, saya tidak punya keluhan apa-apa. Saya sangat bersyukur ada Program JKN, hanya terima kasih yang bisa saya ucapkan karena sudah banyak membantu keluarga saya selama ini,” ungkapnya.

Salamah berharap setelah ini kondisi ibunya bisa membaik dan segera diperbolehkan pulang untuk berkumpul kembali bersama keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: