Klasifikasi Hotel Bintang Berdasarkan Penilaian Aspek Produk, Pelayanan Hingga Pengelolaan

Klasifikasi Hotel Bintang Berdasarkan Penilaian Aspek Produk, Pelayanan Hingga Pengelolaan

Klasifikasi hotel bintang berdasarkan aspek penilaian dasar. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA:Mutasi Polri Terbaru, Kapolresta Bandar Lampung Alih Tugas, Penggantinya Pernah Jadi Kasat Lantas di Lampung

Aspek Pelayanan

Penilaian berikutnya ada pada aspek pelayanan mulai dari pelayanan pemesanan kamar hotel, pelayanan ketika tamu memasuki halaman hotel dan pelayanan saat tamu tiba untuk melakukan check-in di front desk.

Kemudian pelayanan surat, paket, pesan, dan bagian informasi. Pelayanan telepon, kasir, proses check-out, perawatan dan penyiapan kamar tamu hingga pelayanan pencucian pakaian tamu.

Ada juga pelayanan ketika tamu hotel tiba di restoran dan ketika meninggalkan restoran. Pelayanan datang ke bar, di dalam bar maupun saat keluar bar.

BACA JUGA:Resep Alami Atasi Batuk Berkepanjangan, Cuma Modal 4 Bahan yang Mudah Ditemukan di Dapur

Pelayanan penerimaan pesanan dari kamar tamu hingga ketika tamu hotel menerima apa yang dipesan.

Untuk pelayanan saat tamu tiba dan masuk ke dalam maupun meninggalkan Function Room pun masuk dalam penilaian aspek ini.

Bahkan pelayanan saat kendaraan hendak parkir atau meninggalkan area parkir. Lalu guest relation officer, duty manager hingga pelayanan olahraga dan rekreasi juga ikut masuk dalam aspek pelayanan.

Aspek Pengelolaan

BACA JUGA:Cek Promo 12.12 Shopee Birthday Sale, W.Essentiels Akan Kolaborasi dengan One Piece, Jangan Ketinggalan

Terakhir ada penilaian dalam klasifikasi hotel Bintang berdasarkan aspek pengelolaan yang terdiri dari organisasi dan sistem serta kualifikasi tenaga kerja.

Penggolongan kelas hotel Bintang dan hotel non Bintang memang berbeda-beda. Namun penetapan penilaiannya dilakukan setelah seluruh persyaratan dasarnya terpenuhi.

Bisnis di bidang pelayanan jasa penginapan seperti ini pun sebenarnya harus disiapkan dengan matang.

Apalagi hotel yang belum mencapai nilai minimum yang ditentukan untuk golongan kelas hotelnya. Maka pihak terkait harus memperbaiki dan/atau memenuhi kekurangannya paling lambat dalam kurun waktu 6 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: