Manajemen Pemeliharaan Sapi Krui

Manajemen Pemeliharaan Sapi Krui

Ilustrasi sapi. Manajemen Pemeliharaan Sapi Krui--dok. ist

Indikator ketercapaiannya, imbuh Dian Kurniawati, yaitu peternak dapat melaksanakan manajemen pemeliharaan dan perawatan kesehatan ternak secara tepat dan mandiri.

Peternak dapat meningkatkan produktivitas sapi krui sehingga mengalami peningkatan dan berdampak terhadap perbaikan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat. 

Setelah kegiatan sosialisasi selesai juga, imbuhnya, dilanjutkan dengan praktik pelayanan kesehatan langsung di lapangan, di kandang-kandang milik peternak.

Pelayanan kesehatan ternak sapi Krui dilakukan bekerjasama dengan tenaga kesehatan hewan Dinas Peternakan dan Pertanian Kabupaten pesisir Barat. 

Jumlah ternak yang diobati sebanyak 80 ekor. Kegiatan ini mencakup pemeriksaan kondisi tubuh ternak sapi krui. Lalu pengobatan kepada ternak sapi Krui berupa pemberian vitamin B kompleks secara intramuskuler, pemberian antibiotik injeksi secara intramuskuler, pemberian antiseptik dan obat luka secara semprot, dan pemberian obat cacing.

Dari situ peternak lebih memahami sistem pemeliharaan ternak sapi krui yang tepat serta perawatan kesehatan ternak secara mandiri.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: