Pemprov Lampung Akan Miliki Kapal Eksekutif Penyeberangan Bakauheni Merak Dengan Konsep Lampung

Pemprov Lampung Akan Miliki Kapal Eksekutif Penyeberangan Bakauheni Merak Dengan Konsep Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menyaksikan MoU.---Sumber foto: Diskominfotik.---

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji 2024 Dimulai 9 Januari Tahun Depan, CJH Boleh Mencicil Dari Sekarang

Keempat, PT Damai Lautan Nusantara akan memberikan privillege kepada pemda atas slot yang dimiliki pemda.

Kelima setelah 20 tahun masa kontrak habis, kapal menjadi milik Pemprov Lampung dan akan dikerjasamakan kembali jika pemprov dengan komposisi pembagian keuntungan mayoritas milik pemprov.

"Kapal ini akan didesain khusus dan berbeda dengan kapal-kapal yang lain, di mana nanti akan ada tempat launch dan tempat meeting dengan interior masing-masing ruangan akan dibuat berbeda sesuai konsep adat di Lampung (pepadun dan saibatin)," ungkapnya.

Konsep kearifan lokal atau budaya Lampung akan menjadi ciri khas kapal eksekutif milik Pemprov Lampung. Sehingga saat menaiki kapal terasa bernuansa Lampung.

BACA JUGA:73 Negara Bebas Visa Untuk Pemegang Paspor Indonesia, Cocok Jadi Tujuan Wisata Liburan Akhir Tahun

Lanjut Arinal Djunaidi, tujuan kesepakatan bersama ini untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menyediakan infrastruktur jalur transportasi dan perhubungan. Juga membuka peluang usaha yang luas bagi para pelaku investasi, dan kepelabuhan.

Diketahui, Lampung merupakan salah satu provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki posisi strategis sebagai gerbang Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. 

Lampung memiliki salah satu pelabuhan tersibuk di Asia yaitu Bakauheni-Merak. 

Dengan semakin meningkatnya mobilitas orang dan barang dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa atau sebaliknya, maka penyediaan terhadap pilihan layanan penyeberangan yang cepat dan nyaman juga harus ditingkatkan. 

BACA JUGA:73 Negara Bebas Visa Untuk Pemegang Paspor Indonesia, Cocok Jadi Tujuan Wisata Liburan Akhir Tahun

Salah satunya adalah pengembangan layanan penyeberangan eksekutif baik KMP dan Dermaganya. 

Merespon kondisi tersebut, PT Lampung Jasa Utama (Perseroda) salah satu BUMD milik Provinsi Lampung dengan salah satu fokus bisnisnya di bidang perhubungan akan menjalin kerjasama dengan PT Damai Lautan Nusantara sebagai mitra strategis.

Kerjasama ini sebagai wujud peran serta BUMD sebagai bagian dari Pemprov Lampung dalam rangka ikut berperan aktif dalam pengembangan Usaha di Bidang Penyeberangan dan Kepelabuhanan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: