Pemprov Lampung Akan Miliki Kapal Eksekutif Penyeberangan Bakauheni Merak Dengan Konsep Lampung

Pemprov Lampung Akan Miliki Kapal Eksekutif Penyeberangan Bakauheni Merak Dengan Konsep Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat menyaksikan MoU.---Sumber foto: Diskominfotik.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Lampung kini memiliki kapal eksekutif penyeberangan Bakauheni-Merak (PP) dengan desain kearifan lokal.

Itu setelah Pemprov Lampung melalui BUMD-nya, PT Lampung Jasa Utama, melakukan penandatanganan MoU dengan PT Damai Lautan Nusantara, pada Kamis 21 Desember 2023 malam.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, setelah melebihi beberapa kepemimpinan gubernur akhirnya pemerintah daerah akan memiliki kapal penyeberangan sendiri untuk melayani rute Bakauheni-Merak (PP).

"Alhamdulillah kapal yang akan kita kelola ini adalah jenis eksektuf," ujar Arinal Djunaidi.

BACA JUGA:Promo dan Cashback Rp 10,8 Juta, Buruan ke Informa Ada Program Menarik

Dirinya berharap dengan pengelolaan kapal penyeberangan ini, Pemprov Lampung berkontribusi terhadap pelayanan angkutan penyeberangan Bakauheni-Merak. Juga bisa belajar bisnis di bidang angkutan penyeberangan.

Kata Arinal Djunaidi sebelum penandatanganan MoU ini, dalam beberapa bulan terakhir pihaknya telah melakukan seleksi/pemilihan mitra usaha di bidang angkutan penyeberangan (beauty contest) terhadap beberapa angkutan penyeberangan oleh tim penilai pemprov. 

Mitra kerjasama ini dicari untuk bekerja dengan Pemprov Lampung dalam mengelola dan mengoperasikan kapal penyebrangan eksekutif rute Bakauheni-Merak.

Dari laporan ketua tim seleksi, disampaikan Arinal Djunaidi ada empat perusahaan yang berminat dalam pengelolaan kapal eksekutif penyeberangan Bakauheni-Merak. Namun hanya dua perusahaan yang memasukkan penawaran.

BACA JUGA:Pelunasan Biaya Haji 2024 Dimulai 9 Januari Tahun Depan, CJH Boleh Mencicil Dari Sekarang

Setelah dilakukan seleksi penilaian kelembagaan/perizinan, teknis perkapalan dan kemampuan financial melalui pemaparan, terpilih PT Damai Lautan Nusantara yang menjadi mitra pemprov.

"PT Damai Lautan Nusantara merupakan badan usaha yang bergerak di bidang angkutan penyeberangan dan pelayanan setelah kepelabuhan yang mengoperasikan kapal-kapal jenis Ferry RoRo Passenger," terangnya.

Arinal Djunaidi juga membeberkan kelebihan dari mitra Pemprov Lampung, yaitu PT Damai Lautan Nusantara. Pertama, membangun atau membeli kapal baru dengan kesesuaian dermaga. 

Kedua, kapal ini setelah 20 tahun dengan sistem BoT (Build-Operate-Tranfer) akan diserahkan sepenuhnya kepada Pemprov Lampung. Ketiga, akan ada transfer ilmu pengetahuan SDM dengan mengikut sertakan BUMD di dalam manajemen pengelolaan kapal sehingga BUMD bisa profesional belajar mengelola manajemen kapal untuk perawatannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: