Melihat Kecanggihan KRI Marlin-877 dan Patkamla Jefman, Alutsista Teranyar TNI AL yang Modern dan Tangguh

Melihat Kecanggihan KRI Marlin-877 dan Patkamla Jefman, Alutsista Teranyar TNI AL yang Modern dan Tangguh

KRI Marlin 877 menjadi alutsista TNI AL sebagai bentuk penegakan di laut. (Dispen AL)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna membangun kekuatan menuju TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang profesional, modern, dan tangguh, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) memimpin Upacara Peresmian KRI Marlin-877 dan Patkamla Jefman, Rabu 20 Desember 2023.

Dalam acara yang berlangsung di Dermaga Utara Baru 1, Pelabuhan Batu Ampar, Batam, itu juga dilakukan Pengukuhan Jabatan Komandan KRI Marlin-877 serta Penyematan Tanda Pangkat Komandan Patkamla Jefman.

TNI Angkatan Laut (AL) menerima Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Patroli Cepat (PC) 60 dan Special Mission Combat Boat yang diproduksi oleh PT Palindo Marine Batam.

Hal itu sebagai bukti nyata komitmen TNI AL dalam mewujudkan pertahanan laut dengan teknologi terkini juga agar dapat beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis dalam menghadapi dinamika kompleks lingkungan strategis.

BACA JUGA:Usung Teknologi Siluman, KRI Golok 688 Jadi Alutsista yang Tidak Bisa Terdeteksi Radar Musuh

Terutama seiring dengan kebijakan dasar pembangunan kekuatan TNI AL ke depannya. 

Kasal Laksamana Muhammad Ali dalam sambutannya menyampaikan bahwa alutsista yang diresmikan hari ini, yaitu kapal Patroli Cepat (PC) 60 Meter dan Special Mission Combat Boat, merupakan jawaban strategis yang efektif dan efisien dalam mengoptimalkan pelaksanaan tugas operasi keamanan laut.

"Pembangunan KRI Marlin-877 dan Patkamla Jefman merupakan komitmen TNI Angkatan Laut untuk mendukung program pemerintah dalam hal kemandirian industri pertahanan, serta kebijakan strategis untuk menjaga kedaulatan negara," ungkapnya.

Menurutnya, dengan keberanian mengambil langkah penting ini, TNI Angkatan Laut menunjukkan bahwa kekuatan tidak selalu sejalan dengan kemegahan.

BACA JUGA:Mengenal KRI Nagapasa (403), Alutsista Kapal Selam Andalan TNI AL yang Sangup Hadapi Serangan Torpedo

Melainkan pada kebijaksanaan dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan strategis.

Ia juga mengajak untuk senantiasa menanamkan semangat kejuangan, kejujuran, dan keberanian dalam setiap pelaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi.

Pun mengajak untuk memberikan pengabdian terbaik untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

Adapun Kapal PC 60 Meter adalah salah satu jenis kapal perang karya putra-putri bangsa yang dibangun menggunakan sumber dana APBN tahun anggaran 2021, 2022, dan 2023 dengan masa pembangunan selama 24 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: