KPPU Umumkan Hasil Pantauan Berbagai Komoditas Jelang Nataru, Bagaimana Dengan Lampung?

KPPU Umumkan Hasil Pantauan Berbagai Komoditas Jelang Nataru, Bagaimana Dengan Lampung?

Ilustrasi pengawasn bahan pokok saat nataru.---Sumber foto : Istockphoto.com.---

BACA JUGA:Keutamaan Puasa Sunnah Senin dan Kamis, Lengkap Dengan Bacaan Niat

Provinsi Aceh yang mengalami kenaikan adalah telur ayam ras, bawang merah, bawang putih dan untuk komoditas beras dengan jenis medium dan super (premium) dan gula pasir tetap stabil di harga tinggi.

Untuk wilayah Sumatera bagian selatan, dari pemantauan KPPU di Provinsi Lampung, komoditas beras medium di angka Rp13.350, gula pasir di angka Rp17.000, minyak goreng curah di angka Rp15.400, daging sapi di angka Rp129.400, ayam ras di angka Rp31.100, komoditas telur ayam di angka Rp26.650, cabai merah keriting di angka Rp55.250, cabai rawit merah di angka Rp79.400, bawang merah di angka Rp30.000, bawang putih di angka Rp34.500, dan kedelai di angka Rp15.333.

Sedangkan di Provinsi Sumatera Selatan, komoditas bawang merah naik 7,46 persen dan bawang putih naik 3,03 persen dari minggu sebelumnya. Komoditas beras medium turun 1,74 persen, ayam ras turun 0,51 persen, telur ayam turun 0,56 persen, cabai merah keriting turun 20,68 persen, cabai rawit merah turun 13,12 persen. 

Untuk komoditas gula pasir, minyak goreng curah, dan kacang kedelai tidak mengalami perubahan harga.

BACA JUGA:Malam Natal, Satu Rumah Besar Milik Pensiunan PNS Hangus Terbakar 

Untuk Provinsi Bengkulu, komoditas beras medium, daging sapi, ayam ras, bawang merah, dan bawang putih mengalami kenaikan sedangkan komoditas gula pasir, minyak goreng curah, telur ayam, dan cabai merah keriting mengalami penurunan serta pada kedelai tidak berubah. 

Di Provinsi Jambi, komoditas ayam ras, bawang merah, dan bawang putih mengalami kenaikan sedangkan komoditas telur ayam, cabai merah keriting, dan cabai merah rawi mengalami penurunan. Komoditas beras medium, gula pasir, minyak goreng curah, daging sapi, dan kedelai tidak mengalami fluktuasi harga.

Untuk Provinsi Bangka Belitung, komoditas gula pasir, minyak goreng kemasan, ayam ras, bawang merah, bawang putih, dan kedelai mengalami kenaikan sedangkan komoditas beras medium, telur ayam, cabai merah keriting, dan cabai merah rawit mengalami penurunan sedangkan harga komoditas daging sapi tetap.

Untuk wilayah Jawa Barat, Banten, dan Jabodetabek, komoditas yang mengalami kenaikan harga ada pada bawang merah, bawang putih, dan gula pasir. 

BACA JUGA:Kodim 0429 Bersinergi dengan Polres Lamtim Amankan Perayaan Nataru

Sedangkan beras medium, beras premium, ayam ras, telur ayam, dan cabai rawit merah mengalami penurunan harga serta komoditas minyak goreng curah dan daging sapi cenderung stabil. 

Fluktuasi harga di Provinsi DKI Jakarta yang mengalami kenaikan harga ada pada komoditas beras medium, gula pasir, minyak goreng curah, bawang merah, dan bawang putih sedangkan komoditas telur ayam dan cabai rawit merah mengalami penurunan. 

Provinsi Banten mencatat beras medium, beras premium, dan gula pasir mengalami kenaikan harga sebesar 0,85-4,6 persen sedangkan telur ayam, bawang merah, dan bawang putih mengalami kenaikan harga antara 2,47 persen hingga 13,2 persen, sedangkan daging sapi stabil.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, komoditas yang mengalami kenaikan harga meliputi beras medium dan premium, gula pasir, dan cabai merah keriting dan mewah rawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: