Polresta Bandar Lampung Bakal Berlakukan Alih Arus Malam Pergantian Tahun, Berikut Titik Pengalihan Arus

Polresta Bandar Lampung Bakal Berlakukan Alih Arus Malam Pergantian Tahun, Berikut Titik Pengalihan Arus

Polresta Bandar Lampung Bakal Berlakukan Alih Arus Malam Pergantian Tahun. Ilustrasi/Foto.Polresta Bandar Lampung.--

BACA JUGA:Akhir Tahun Unila berikan Keringanan hingga Pembebasan UKT, Cek Kriterianya Di Sini

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Umi Fadillah Astutik, menyatakan Polda akan melakukan berbagai upaya guna mengantisipasi kemacetan saat lonjakan pemudik jelang Nataru .

"Upaya yang dilakukan diantara melakukan rekayasa lalu lintas seperti pengalihan arus dan one way. Rekayasa dilakukan seperti menerapkan sistem buka tutup, pengalihan arus dan mungkin juga bisa one way," ucap Umi.

Lebih rinci, Umi mengatakan saat terpantau di satu Titik terjadi kemacetan, pihaknya akan langsung menurunkan tim guna mengurai kemacetan di lokasi tersebut.

"Ketika ada kemacetan, otomatis kita akan bergerak untuk bisa mengurainya dan menurunkan tim atur lalu lintas untuk mengurai kemacetan disana,"tambah Umi.

BACA JUGA:Promo Akhir Tahun, HP Poco Hadirkan Diskon Sampai dengan Rp 800 Ribu, Buruan Serbu

Umi juga menjelaskan, pihaknya, terus memantau pergerakan orang dan barang saat libur Tahun Baru untuk mencegah agar tidak terjadi kemacetan. 

"Kami juga akan melakukan monitoring diruang TMC Polresta Bandar Lampung," ucapnya.

Umi, menjelaskan, berdasarkan data yang diperoleh Polda Lampung terdapat 36 titik lokasi rawan macet di Lampung.

"Ada 36 titik rawan macet baik diwilayah Polda maupun polres, yang paling banyak di Polresta Bandar Lampung ada 5 titik yaitu di Jalan ZA Pagar Alam, Jalan Teuku Umar, Jalan Sultan Agung, Jalan RA Kartini, dan Jalan Imam Bonjol,"jelasnya .

BACA JUGA:3 Salat Sunnah yang Akan Mengubah Kehidupan Manusia

Selain di Bandar Lampung, lanjut Umi, ada beberapa titik rawan kecamatan seperti 4 titik Kemacetan di Kabupaten Lampung Timur, 3 titik kemacetan di Metro dan beberapa daerah lainya.

Umi juga memprediksi puncak arus balik natal dan tahun baru juga terjadi kemacetan selama tiga kali yakni arus balik pertama pada 26-27 Desember 2023.

Lalu, arus balik kedua pada 29 sampai 30 Desember 2023, dan ketiga pada 2 Januari 2024 .

Tidak hanya itu saja, Umi juga menghimbau kepada masyarakat hendak berpergian agar bisa mengatur jadwal keberangkatan sehingga tidak memicu kemacetan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: