Pemprov Lampung Klaim Dua BUMD Mulai Membaik

Pemprov Lampung Klaim Dua BUMD Mulai Membaik

Suasana business matching BUMD dan BUMDes se Lampung.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berkomitmen membangun ekonomi kerakyatan yang ada di desa menggandeng BUMD dan BUMDes.

Itu dilakukan melalui business matching BUMD dan BUMDes se-Lampung yang berlangsung di Gedung Pusiban Komplek Kantor Gubernur Lampung,pada Kamis 28 Desember 2033.

BUMD milik Pemprov Lampung yang ikut adalah PT Lampung Jasa Utama dan PT Wahana Raharja.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung Mulyadi Irsan mengatakan, pemprov terus memperkuat BUMDes dan BUMD yang ada.

"Mungkin ada potensi kerjasama yang terjadi antara BUMDes dan BUMD yang akan menjadi daya dorong untuk keduanya," ujar Mulyadi Irsan Kamis 28 Desember 2023.

BACA JUGA:Sosok Irjen Ahmad Luthfi, Satu-satunya Kapolda di Indonesia Dari Non Akpol

Kata Mulyadi Irsan, BUMD tidak hanya berfungsi mencari keuntungan saja. Tetapi BUMD juga harus menyediakan pelayanan kepada masyarakat sehingga manfaatnya dirasakan.

"BUMD ini kan dibentuk untuk memberikan untung. Dan alhamdulillah sekarang BUMD kita sudah mulai menunjukkan perbaikan," ucapnya.

"Karena sejak 2019 BUMD tidak didukung penyertaan modal oleh pemerintah provinsi," tuturnya.

Lantaran BUMD tidak lagi diberikan penyertaan modal, menurut Mulyadi Irsan, diperlukan kreativitas serta profesionalisme dari para direktur yang diberikan tugas untuk menjalankan BUMD.

BACA JUGA:Pelayanan MPP Kotabumi Lampung Utara Lumpuh, Ternyata Penyebabnya...

Lanjut Mulyadi Irsan, berkat arahan dan cambukan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, saat ini kedua BUMD milik Pemprov Lampung tersebut mulai menunjukan peningkatan laba.

"Kalau pun tahun ini belum bisa memberikan deviden tapi paling tidak tingkat kesehatan dari sisi keuangan mereka itu sudah sangat lebih baik," ungkapnya.

Sementara itu Direktur Utama Lampung Jasa Utama Arie Sarjono Idris mengatakan, saat ini keuangan PT Lampung Jasa Utama terus menunjukan perbaikan serta kerugian bisa terus ditekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: