Kecepatan Berenang sekitar 80 sampai 100 km per jam, Olahan Ikan Tuhuk Jadi Kuliner Khas Krui Pesisir Barat

Kecepatan Berenang sekitar 80 sampai 100 km per jam, Olahan Ikan Tuhuk Jadi Kuliner Khas Krui Pesisir Barat

Olahan Ikan Tuhuk Jadi Kuliner Khas Krui Pesisir Barat salah satunya menjadi menu andalan di Rumah Makan (RM) Pondok Kuring. Ilustrasi/Foto Net.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ikan Tuhuk atau ikan Marlin adalah ikan khas dari Krui Pesisir Barat Lampung.

Ikan Marlin atau ikan tuhuk ini dikenal sebagai perenang andal, karena dapat berenang  dengan  Kecepatan sekitar 80 sampai 100 km per jam umumnya hidup di kedalaman 400 hingga 500 meter di bawah permukaan laut.

Berbagai olahan kuliner ikan tuhuk yang selalu menjadi incaran wisatawan saat mengunjungi Pesisir Barat Lampung mulai dari bakso hingga sate ikan tuhuk.

Bahkan, apabila Anda sedang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat Lampung anda akan menemui tugu yang berbentuk ikan Marlin berdiri kokoh di Krui, Kabupaten Pesisir Barat. 

BACA JUGA:Iptu Olivia Jeniar Chaniagung, Polwan Cantik Satu-satunya Kapolsek Perempuan di Lampung, Ini Sepak Terjangnya

Ya, Tugu Ikan Marlin merupakan Ikon Krui Pesisir Barat Lampung.

Letak geografis Kabupaten Pesisir Barat yang menghadap langsung ke samudra Hindia dan memiliki garis pantai yang panjang menjadikan pesisir barat memiliki beragam kekayaan hasil laut.

Terutama ikan laut, salah satunya ikan marlin atau yang biasa disebut orang lokal dengan ikan tuhuk.

BACA JUGA:Ternyata Semudah Ini Bikin Wajah Glowing Kenyal Tanpa Flek Hitam, Begini Caranya

Untuk diketahui, Ikan Marlin sendiri adalah salah satu ikan laut yang hidup di perairan tropis di seluruh dunia, terutama dikawasan Samudera Hindia dan Samudra Atlantik.

Menangkap ikan tuhuk tidak mudah karena para nelayan harus mengarungi Samudera Hindia dengan menggunakan Jukung sejenis perahu kayu tradisional masyarakat Krui Pesisir Barat.

Walaupun mendapatkan ikan tuhuk tidaklah mudah, anda tidak perlu khawatir karena banyak olahan kuliner ikan tuhuk dengan tekstur yang lembut khas dengan harga relatif terjangkau.

BACA JUGA:Gokil! HP Honor Magic 6 Bawa Performa Snapdragon 8 Gen 3, RAM 6 GB Hingga Kamera 50 MP OIS, Cek Spesifikasinya

Sehingga, Anda tidak perlu heran apabila di Krui Pesisir Barat banyak warung makan hingga restoran yang menjadi ikan tuhuk atau ikan marlin sebagai menu andalan, antara lain 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: