Mengejar Mimpi, Menimang Realita

Mengejar Mimpi, Menimang Realita

Pemimpin Redaksi Radar Lampung Koran, Taufik Wijaya S.E.--dok.pribadi

Terbitnya UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers merombak regulasi media. Pemerintah nyaris membuka izin perusahaan pers selebar-lebarnya. Karena itu, media massa seolah berlomba untuk berdiri. 

Ada yang cukup percaya diri hanya dengan mengandalkan kekuatan lokal. Ada pula yang menggandeng atau bernaung di bawah pengaruh kelompok media besar.

Radar Lampung salah satunya. Surat kabar dengan jaringan terluas di Lampung ini lahir dengan embel-embel Grup Jawa Pos di belakang namanya. Namun sejak sang Bos Dahlan Iskan hengkang dari Jawa Pos, Radar Lampung kini bernaung di bawah bendera PT. WSM (Wahana Semesta Merdeka) yang membawahi lebih dari 100 media cetak, televisi dan media online yang tersebar diwilayah Sumbagsel (Jambi, Bengkulu, Sumsel, Bangka Belitung, Lampung) dan Sebagian wilayah Jawa (Banten, Jabar, Jogja dan lain-lain).

BACA JUGA:Pelan Depan, KPU Pesisir Barat Lampung Dahulukan Distribusi Logistik Pemilu ke Daerah Terpencil

Radar Lampung juga kini tergabung dalam jaringan nasional disway.id yang kini fokus mengembangkan media digital berupa media online dan koran hybrid. Untuk diketahui Radar Lampung sendiri memiliki portal resmi radarlampung.co.id dengan alamat situs radarlampung.disway.id.

Sementara untuk koran hybrid didapat diakses melalui website radarlampung.bacakoran.co. Hebatnya, hanya dalam tempo kurang dari 2 tahun media digital dengan domain utama disway.id ini sudah masuk dalam 20 besar media online nasional.

Sejak lahir, Radar Lampung memang ditempa sebagai media petarung. Bayangkan saja, saat pertama kali terbit, sudah ada pemain lama yang mendominasi pasar. 

BACA JUGA:Mantan Kasat Narkoba Lampung Selatan Andri Gustami Dituntut Pidana Mati

Sehingga para awak redaksi dituntut harus selalu berinovasi. Bukan Radar Lampung namanya jika tidak mampu menyajikan hal-hal baru. Memang untuk menarik perhatian publik, Radar Lampung kala itu hadir dengan model liputan berbeda dengan media lain. 

Tagline Selalu Ada yang Baru yang diterapkan kala itu sangat sesuai. Koran ini memang selalu berusaha memberi kejutan kepada para pembacanya. Hal ini pula yang mengantar Radar Lampung menapaki masa keemasannya di era 2008-2013.

Namun sejak 10 tahun terakhir, masa jaya media terus meredup. Beragam tantangan datang. Yang utama adalah perubahan wujud industri media. Jika dulu persaingan terjadi hanya antarmedia, namun perkembangan teknologi merubah itu semua. 

BACA JUGA:Bantuan Pangan Beras 2024 Kembali Disalurkan ke KPM dari Data P3KE

Arus digitalisasi memanjakan semua orang. Sehingga saat ini semua orang bisa menjadi pewarta lewat beragam platform media sosial (medsos). Puncaknya terjadi saat pandemi Covid-19 melanda. 

Masyarakat takut membaca koran lantaran dianggap bisa menjadi media penyebar virus Covid-19. Banyaknya waktu saat bekerja di rumah (work from home/WFH) membuat masyarakat mencari alternatif lain untuk memenuhi hasrat keingintahuan mereka.

Kebutuhan masyarakat itu dijawab tuntas oleh medsos. Masyarakat semakin akrab dengan beragam platform seperti Facebook, Instagram, X (dulu bernama Twitter) dan terbaru TikTok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: