Cuaca Ekstrem, BPBD Pringsewu Lampung Siapkan Call Centre

Cuaca Ekstrem, BPBD Pringsewu Lampung Siapkan Call Centre

Menghadapi cuaca ekstrim dengan intensitas hujan deras warga diminta peran aktifnya untuk membantu antisipasi bencana. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Menghadapi cuaca ekstrim dengan intensitas hujan deras warga diminta peran aktifnya untuk membantu antisipasi bencana. Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) kabupaten Pringsewu menyiapkan call center di 0729 21108, untuk pelayanan darurat. 

"Dalam menghadapi cuaca ekstrim, ditandai dengan hujan lebat disertai petir dan angin kencang dihimbau agar warga rajin membersihkn saluran air di wilayahnya masing masing," harap kepala BPBD kabupaten Pringsewu Nang Abidin Hasan. Sehingga lanjutnya tidak  terjadi penyumbatan yang  mengakibatkan genangan air atau banjir.

Selain itu warga juga perlu mewaspadai pepphonan tinggi di sekitar rumah. Yakni dengan melakukan pemangkasan secara berkala. Selain itu Nang Abidin juga berharap peran aktif masyarakat terkait kondisi sekitarnya bila rawan bencana.

BACA JUGA:Daftar Mobil Matic 2024 yang Punya Mesin Paling Bandel dan Tangguh Di Perjalanan

"Bila ada pohon yang berpotensi tumbang dan tanah rawan longsor sehingga membahayakan warga agar melaporkan ke Aparat Pekon/Kelurahan untuk dikoordinasikan dengan BPBD," pesannya.

Sejumlah wilayah di kabupaten Pringsewu juga tersebar sungai sungai yang berpotensi banjir. Untuk itu kepala BPBD juga berharap deteksi dini dari warga sekitar sungai untuk melapor bila berpotensi debit air meninggi. 

"Bagi warga yang tinggal disekitar bantaran sungai agar selalu waspada dan memantau ketinggian debit air," ajaknya. 

BACA JUGA:Kabar Baik, Pemerintah Akan Bangun Jalan Tol Pelabuhan Panjang-Lematang

Jika kondisinya menghawatirkan agar segera berkoordinasi dengan Aparat Pekon. "Jika perlu segera menghubungi BPBD Pringsewu dengan  nomor call centre 0729 21108," jelas kepala BPBD kabupaten Pringsewu Nang Abidin Hasan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: