Cek BI Checking Sekarang Kalau Tidak Ingin Pinjaman Modal KUR Mandiri 2024 Ditolak, Begini Cara Mudahnya

Cek BI Checking Sekarang Kalau Tidak Ingin Pinjaman Modal KUR Mandiri 2024 Ditolak, Begini Cara Mudahnya

Check skor BI Checking agar bisa lolos pinjaman KUR Mandiri 2024. ILUSTRASI/BERBAGAI SUMBER--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan cara cek BI Checking yang dapat memicu gagalnya pengajuan pinjaman modal KUR Mandiri 2024.

Kredit Usaha Rakyat yang diajukan melalui bank penyalur seperti Bank Mandiri bisa saja gagal cair. Dan penyebabnya adalah catatan pembayaran yang buruk.

Padahal keberadaan KUR Mandiri bisa membantu para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk bisa mendapatkan modal mengembangkan usahanya.

BI Checking sendiri kita kenal sebagai sistem layanan informasi keuangan. Yang kini telah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan( (SLIK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: Pinjaman Modal KUR Mandiri 2024 Rp 10 Juta Hingga Rp20 Juta, Perhatikan 3 Hal Ini Jika Ingin Lolos

Adapun fungsi pentingnya adalah mencatat apakah pinjaman modal yang dilakukan sebelumnya berjalan lancar atau justru sebaliknya.

Proses pengecekan akan dilakukan melalui informasi Debitur Individu (IDI) historis. Infomasi yang dicek berupa riwayat kredit nasabah perbankan atau Lembaga keuangan lainnya.

Hal ini dikenal sebagai istilah iDEB atau layanan informasi debitur, sekaligus sarana melihat kemampuan kredit seseorang dapat dianalisis. Sehingga dapat meminimalisir risiko gagal bayar di masa depan.

Pengecekan dapat digunakan untuk memberi nilai reputasi pada para debitur. Tapi bisa juga digunakan untuk memperbaiki status kredit debitur, sehingga dapat mengajukan pinjaman dengan mudah.

BACA JUGA: Cukup Bayar Cicilan Rp 1,5 Juta Per bulan, Bisa Dapat si Imut Vespa Mickey Mouse Edisi Spesial, Ini Caranya

Baik pengajuan pinjaman dari suatu bank maupun Lembaga keuangan lainnya. Apabila nasabah ingin mengajukan pinjaman apapun seperti KUR, Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau pinjaman lainnya.

Maka BI Checking harus dilakukan agar pengajuan pinjaman bisa lolos dan diverifikasi. Penyebabnya jika nasabah sudah terkena kredit macet, reputasinya tidak akan baik.

Jika terjadi yang demikian, nasabah akan sulit mendapatkan pinjaman modal melalui Lembaga perbankan manapun.

Untuk melakukan status BI Checking bisa dilakukan secara offline maupun online. Adapun pengecekan secara offline, simak prosedur berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: