5 Sholawat Nabi Paling Utama, Lengkap Dengan Bacaan Latin, Arti dan Keutamaannya

5 Sholawat Nabi Paling Utama, Lengkap Dengan Bacaan Latin, Arti dan Keutamaannya

Sholawat paling mujarab yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan kajian Islam tentang 5 sholawat Nabi paling utama jika dibaca dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terdapat beberapa sholawat Nabi yang memiliki banyak keutamaan baik bagi siapa saja yang mengamalkannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman di dalam Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 56, yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya,” (QS Al-Ahzab:56).

BACA JUGA: Bacaan Sholawat Paling Sempurna Lengkap Beserta Artinya

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda:“Orang yang bersholawat kepadaku satu kali, Allah akan beri sholawat kepadanya sepuluh kali,” (HR Muslim).

Selanjutnya beberapa bacaan dan arti dari sholawat Nabi yang dapat diamalkan karena memiliki banyak keutamaan adalah sebagai berikut:

1. Sholawat Nariyah

Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadhinil ladzi tanhallu bihil ‘uqpdu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju. Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatiimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihi wa shohbihi fi kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.

BACA JUGA: Siaga Banjir! 3 Wilayah di Lampung Waspada Hujan Lebat Hari Ini

Artinya:”Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kamu Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari kesusahan, tunaikan segala macam hajat dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotumah. dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan yang Engkau ketahui,”.

2. Solawat Ibrahimiyah

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala aalii sayyidina Muhammad. Kama sholaita ‘ala sayyidina Ibrahim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad. Kama barakta ‘ala sayyidina Ibrahim wa ‘ala ali sayyidina Ibrahim. Fiil’alamina innaka hamiidumm-majiid.

Artinya:”Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad SAW dan kepada keluarga Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana telah Engkau limpahkan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkanlah pula keberkahan bagi Nabi Muhammad SAW dan bagi keluarga Nabi Muhammad SAW, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji lagi Maha Agung,”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: