Iklan Bos Aca Header Detail

3 Sunnah Ketika Berbuka Puasa, Amalkan Agar Mendapat Keberkahan

3 Sunnah Ketika Berbuka Puasa, Amalkan Agar Mendapat Keberkahan

Menyegerakan waktu berbuka setelah adzan magrib berkumandang menjadi salah satu sunnah ketika berbuka puasa. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA:Siaga Banjir! 3 Wilayah di Lampung Waspada Hujan Lebat Hari Ini

Ketika ada seseorang yang sedang sakit berat menjalankan puasa untuk bayar hutang puasa tahun lalu misalnya disebabkan sakit berat, orang yang sangat tua, orang hamil atau ibu yang sedang menyusui bayinya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan keringanan supaya hamba-Nya mengganti hutang puasa dengan fidyah atau memberi makan kepada lebih dari seorang miskin untuk satu hari.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 184, yang artinya:

“…Maka barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari lain. Dan bagi yang berat menjalankannya wajib membayar fdyah, yaitu memberi makan orang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan Kebajikan, maka itu lebih baik baginya dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,”(QS Al-Baqarah:184).

BACA JUGA:Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won Tampil Serasi Dalam Sneak Peak Drama Queen of Tears

Kembali ke pembahasan awal berkaitan dengan sunnah-sunnah yang harus dilakukan ketika berbuka puasa yaitu sebagai berikut:

1. Pertama adalah menyegerakan waktu berbuka ketika adzan magrib telah berkumandang.

Rasulullah shalllallahu’alaihi wa sallam bersabda:”Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka,” (HR Muslim).

2. Selanjutnya adalah berbuka dengan memakan kurma atau minum air putih terlebih dahulu.

BACA JUGA:Buat yang Suka Fotografi, Xiaomi 14 Ultra Bawa 3 Kamera Leica dan Fitur Canggih

Diriwayatkan dari Anas bin Malik ia berkata:”Rasulullah SAW berbuka dengan makan beberapa biji kurma muda, jika tidak ada maka dengan beberapa butir kurma, jika tidak ada maka beberapa teguk air,” (HR ABU Ya’la, Al Bazzar dan Ath-Thabrani).

3. Terakhir adalah berdoa saat berbuka puasa, yang diawali dengan bacaan lafadz bismillahirrahmaanirrahiim.

Demikian penjelasan tadi berkaitan dengan kajian Islam tentang sunnah-sunnah ketika berbuka puasa, yang dapat diamalkan agar mendapat keberkahan. Ramadhan mubarak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: