Iklan Bos Aca Header Detail

Apa Keistimewaan Sahur di Bulan Ramadhan? Simak Penjelasannya Menurut Hadits

Apa Keistimewaan Sahur di Bulan Ramadhan? Simak Penjelasannya Menurut Hadits

Keistimewaan sahur sebelum mengerjakan puasa di bulan Ramadhan. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA:Penyebab Gagal Monetisasi Konten Facebook Pro, Ini Kesalahan yang Harus Dihindari Kreator

Adapun tujuannya supaya memberikan kekuatan pada saat berpuasa agar jauh dari kata lapar dan dahaga, khususnya di waktu siang yang lebih lama.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah,” (HR Bukhari dan Muslim).

Selanjutnya makna keberkahan saat sahur sebagaimana dijelaskan Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalani dalam Fathul Bari.

BACA JUGA:Intip, Koleksi Mobil SUV China Chery yang Punya Spesifikasi Unggulan, Fitur Canggih Lengkap Harga Terbaru 2024

Beliau menerangkan tentang makna pertama yang berkaitan dengan keberkahan di dalam menguatkan badan saat berpuasa di siang hari.

Kemudian keberkahan di dalam bangunnya seseorang pada waktu ini, di mana ia berdzikir dan beribadah kepada AAllah dan waktu sahur menjadi salah satu yang utama.

Lalu yang ketiga adalah keberkahan di dalam mengikuti sunnah Nabi Shallalallahu’alaihi wa sallam dan menyelisihi ahli kitab.

Adapun faedah mengerjakan makan sahur menurut Al-Imam Nawawi rahimahullah ia berkata:

BACA JUGA:Chukkae! Karina Aespa dan Aktor Lee Jae Wook Dikonfirmasi Berkencan

“Para ulama telah bersepakat atas dianjurkannya makan sahur dan hukumnya tidak wajib, adapun keberkahan padanya, yang nampak bahwa hal ini dapat memperkuat dan memberikan semangat tambahan untuk menjalankan puasa dan ini dapat meringankan kondisi ketika berpuasa bagi orang yang makan sahur,” (Syarah Shahih Muslim).

Demikian penjelasan tadi berkaitan dengan keistimewaan sahur di bulan Ramadhan menurut penjelasan hadits. Semoga bermanfaat! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: