Jangan Langsung Makan Berat, Ini Cara Buka Puasa Sesuai Anjuran Sunnah

Jangan Langsung Makan Berat, Ini Cara Buka Puasa Sesuai Anjuran Sunnah

Berbuka puasa sesuai anjuran sunnah adalah memakan beberapa kurma. ILUSTRASI/FREEPIK--

BACA JUGA: Rekomendasi 4 Mukena Cantik, Bikin Adem saat Salat Tarawih Ramadhan 2024, Harga Murah Dengan Bahan Premium

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik ia berkata melihat Rasulullah makan beberapa biji kurma muda, dan jika tidak ada beliau hanya meneguk segelas air.

”Rasulullah SAW berbuka dengan makan beberapa biji kurma muda, jika tidak ada maka dengan beberapa butir kurma, jika tidak ada maka beberapa teguk air,” (HR ABU Ya’la, Al Bazzar dan Ath-Thabrani).

Sebagai umat Islam, kita tentu sudah mengetahui bahwa kewajiban berpuasa dijelaskan di dalam firman Allah yakni Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa,”(QS Al-Baqarah:183).

BACA JUGA: Chukkae! Karina Aespa dan Aktor Lee Jae Wook Dikonfirmasi Berkencan

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 184, yang artinya:

“…Maka barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari lain. Dan bagi yang berat menjalankannya wajib membayar fdyah, yaitu memberi makan orang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan Kebajikan, maka itu lebih baik baginya dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,”(QS Al-Baqarah:184).

Adapun ayat di atas merupakan keringanan yang diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya yang memiliki udzur sehingga membuatnya tidak dapat menjalankan ibadah puasa pada hari itu.

Demikian penjelasan tadi berkaitan dengan kajian Islam tentang cara berbuka puasa yang sesuai dengan anjuran sunnah. Ramadhan mubarak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: