Setara dengan PTNBH di Indonesia, UT Mewisuda 2.172 Mahasiswa

Setara dengan PTNBH di Indonesia, UT Mewisuda 2.172 Mahasiswa

Universitas Terbuka Lampung menggelar Wisuda Program Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma Periode 1 Tahun 2024.--

BACA JUGA:Realme 12 Plus 5G Hadir di Indonesia Dengan Dimensity 7050, Cek Spesifikasi dan Harga Terbaru Maret 2024

''Hal ini menunjukkan UT setara dengan 20 PTNBH lainnya di Indonesia. Transformasi menjadi PTNBH, UT akan mempunyai otonomi dan fleksibilitas tinggi sebagai perguruan tinggi yang dapat merancang serta melakukan evaluasi atas sebuah program studi sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, kata Subekti, UT juga dapat memiliki otonomi dalam pengelolaan dan pengadaan sumber daya manusia (SDM).

"Pada masanya nanti, dalam hal kebutuhan SDM, UT tidak harus menunggu kesempatan mendapat alokasi CPNS dari pemerintah. Namun, dapat merekrut pegawainya sesuai kebutuhan. Baik itu dari sisi jumlah, kualitas, maupun kualifikasinya," katanya.

Menginjak usianya yang memasuki 4 dasawarsa tahun ini, kata Subekti, UT terus berkomitmen dan terus berinovasi dalam mewujudkan misi program pendidikan tinggi untuk semua.

BACA JUGA:UMPRI Audiensi dengan Unila Jalin Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian

''Perluasan daya jangkau layanan menjadi perhatian utama UT untuk melayani masyarakat di daerah-daerah terpencil yang memiliki keterbatasan akses untuk kuliah di PTN/PTS reguler. Hal ini sesuai dengan motto UT Menjangkau yang Tidak Terjangkau. Dengan daya jangkau yang luas, yang didukung 39 kantor UT daerah di seluruh Indonesia dan satu UT layanan luar negeri, serta memiliki jaringan lebih dari 869 kelompok belajar (pokjar) dan 72 Sentra Layanan UT se-Indonesia," katanya.

Subekti menyatakan, UT sangat optimistis mampu mewujudkan program pendidikan untuk semua sebagaimana yang telah dicanangkan pemerintah.

''Juga mencapai 1 juta mahasiswa untuk akses dan pemerataan pendidikan pada 2025," ujarnya.

Wisuda, kata Subekti, bukanlah akhir dari proses belajar. Namun, menjadi awal untuk belajar memasuki dunia nyata yang tentu lebih kompleks.

BACA JUGA:Tarif Parkir Resmi Berubah, UPTD Perpakiran Pemkot Metro Lampung Gencarkan Sosialisasi

Untuk dapat bersaing di dunia nyata, semangat belajar sepanjang hayat yang juga menjadi motto UT menjadi suatu keniscayaan.

Orang yang mampu bertahan bukan yang pintar atau kuat, tetapi yang mampu terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan.

"Kita meyakini, kemajuan suatu bangsa ditandai oleh keberhasilan dalam membangun pendidikan tinggi berkualitas yang bersinergi dengan pengembangan ilmu pengetahuan," ungkapnya.

Karena itu, kata Subekti, peran UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh harus diperkuat dan ditingkatkan agar dapat mengemban tugas mulia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: