BI Siapkan Rp 4,3 T, Uang Tunai Layak Edar untuk Idul Fitri

BI Siapkan Rp 4,3 T, Uang Tunai Layak Edar untuk Idul Fitri

Bank Indonesia menyiapkan sebanyak Rp197,6 Triliun uang tunai, untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar dalam menhadapi periode Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Bank Indonesia menyiapkan sebanyak Rp197,6 Triliun uang tunai, untuk memenuhi kebutuhan uang layak edar dalam menhadapi periode Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H.

Khusus wilayah Lampung, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan sebesar Rp4,3 Triliun uang tunai layak edar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Lampung, Junanto Herdiawan dalam acara Kick Off Penukaran Uang di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Jumat 15 Maret 2024.

"Bank Indonesia mempersiapkan uang pecahan Rupiah baru di provinsi Lampung tahun ini senilai Rp 4,3 Triliun dan bekerjasama dengan 44 perbankan di Provinsi Lampung. Jadi masyarakat bisa menukarkan uang dengan tenang, karena akan tetap kebagian," ujarnya kepada awak media. 

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem, BPBD Pesisir Barat Kembali Ingatkan Warga Hingga Pengguna Jalan Tetap Waspada!

Junanto menjelaskan, masyarakat nantinya dapat melakukan penukaran uang di titik-titik layanan penukaran yang sudah disediakan.

Diantaranya perbankan, pasar tradisional, Lampung City Mall, rest area, dan pelabuhan Bakauheni.

"Masyarakat bisa melakukan penukaran uang di titik-titik layanan, terutama di bank. Selain itu juga akan ada kas keliling di pasar, pusat perbelanjaan dan ASDP," ujarnya.

Lebih jauh, Junanto menjelaskan, ketersediaan uang pecahan Rupiah baru untuk lebaran Idul Fitri tahun ini mengalami peningkatan sebesar 30 persen, dibanding tahun lalu.

BACA JUGA:Benarkah Nilai SKD 2023 Bisa Dipakai Lagi Pada Pendaftaran CPNS 2024? Cek Aturannya

"Tahun lalu kita sedia sekitar Rp3,3 Triliun, dan tahun ini Rp4,3 Triliun. Jadi kita naik sekitar 30 persen," tambahnya.

Dia melanjutkan, peningkatan ini juga tentunya terkait dengan kegiatan ekonomi masyarakat Lampung yang terus bertambah.

Hal ini ditandai dengan perputaran uang yang cukup cepet, karena itu Bank Indonesia mendukung hal tersebut dengan ketersediaan uang layak edar yang cukup.

Disamping itu, Junanto juga mengingatkan pihak perbankan untik menjaga ketersediaan uang tunai di ATM selama libur lebaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: