Soal Kantor TNBBS yang Dibakar, Tim Lanfor Polda Sumsel Teliti Abu dan Kayu

Soal Kantor TNBBS yang Dibakar, Tim Lanfor Polda Sumsel Teliti Abu dan Kayu

Tim Labfor Polda Sumsel Bawa Lima Kantong Abu-Arang dan Kayu dari Lokasi Kantor TNBBS Resort Suoh yang Dirusak dan Dibakar--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumatera Selatan (Sumsel), melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) pengerusakan dan pembakaran kantor Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Resort Suoh Kabupaten Lampung Barat, yang terjadi Senin 11 Maret 2024 lalu.

Pelaksanaan olah TKP tersebut, dipimpin langsung AKBP Achmad Kolbinis,ST. MT, MSc., bersama sejumlah anggotanya dari Pus Labfor yakni Ipda Yasman, SH, Bripka Teddy Eka Putra.

Kemudian, Penda Risma Dian Cahyadi, serta  Kapolsek Bandar Negeri Suoh (BNS) Iptu Edwar Panjaitan dan sejumlah anggota, serta Kanir Tipidter Satreskrim Polres Lampung Barat Ipda Hendri Purna Irawan dan sejumlah anggota.

Kasatreskrim Polres Lampung Barat Iptu Juherdi Sumandi, SH., mendampingi Kapolres AKBP Ryky Widya Muharam, SIK., mengungkapkan, olah TKP yang dilakukan oleh tim Labfor Polda Sumsel tersebut merupakan bagian dari proses penyidikan yang tengah dilakukan pihaknya terkait insiden pengerusakan dan pembakaran kantor TNBBS Resort Suoh oleh massa.

BACA JUGA:Hotel Santika Premiere Lampung Tawarkan Paket Buka Puasa Ramadhan Nusantara Khas 'Rumah'

”Untuk olah TKP dilakukan oleh tim Labfor dari Polda Sumsel, kemarin didampingi oleh tim dari Polres Lampung Barat dan Polsek BNS meninjau langsung lokasi. Dari lokasi tim membawa pulang  lima Bungkus Plastik Abu Arang dan satu Batang Kayu,” ungkap Juherdi Sumandi.

Sementara itu, disinggung terkait dengan penetapan  lima orang tersangka yakni TR alias Juglin bin SU, AI bin MJ, BU alias Bun bin SU, MR bin DH dan SA bin SD,.dalam kasus kasus tersebut, sementara adanya  dorongan agar pihak kepolisian melakukan pengembangan dan menangkap dalang dari insiden tersebut.

Menurut Juherdi, ia mengajak masyarakat untuk  tetap menjaga situasi keamanan yang kembali kondusif pasca terjadinya aksi pengerusakan dan pembakaran kantor TNBBS Resort tersebut.

Ia berharap semua  pihak untuk tidak terlalu berspekulasi terlebih membangun opini sendiri  tanpa didasari bukti-bukti yang kuat. 

BACA JUGA:Dishub-Satlantas Tindak Truk Over Kapasitas

”Kalaupun memang ada yang mengetahui dan memiliki bukti bahwa ada dalang dibalik lima orang yang kami amankan silahkan datang ke Polres bawa bukti-buktinya,  akan kami tindaklanjuti, tetapi jika memang tidak ada bukti-bukti apalagi membangun opini ini kami sayangkan, karena  situasi saat ini sangat  aman,” tandasnya.

Seperti diketahui, kasus pembakaran kantor TNBBS Resort Suoh bermula saat massa yang berasal dari dua kecamatan yakni Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) menggelar demo protes prihal kinerja dari tim yang telah melakukan upaya evakuasi terhadap harimau sumatera yang telah memakan korban jiwa tak kunjung membuahkan hasil.

Hingga pada akhirnya harimau kembali menerkam salah seorang warga yang disinyalir menjadi pemicu kemarahan warga dengan melampiaskan dengan melakukan pembakaran kantor dan fasilitas hingga sejumlah sepeda motor.

Menurut Juherdi, hingga Kamis 14 Maret 2024 pihaknya telah memeriksa sebanyak sembilan orang saksi. Mereka adalah orang-orang mengetahui terkait dengan kejadian tersebut dan juga berada di lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: