Tepis Tudingan Tidak Komit, 2024 Pemprov Lampung Klaim Telah Salurkan DBH Mencapai Rp 229,7 Miliar

Tepis Tudingan Tidak Komit, 2024 Pemprov Lampung Klaim Telah Salurkan DBH Mencapai Rp 229,7 Miliar

Kabid Evaluasi, Pembinaan Kabupaten/Kota, dan Investasi BPKAD Lampung, Nurul Fajri.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung di tahun 2024 telah dua kali menyalurkan dana bagi hasil (DBH) kepada 15 kabupaten/kota.

Penyaluran yang dilakukan mulai dari Februari 2024 sebesar Rp 80 miliar, kemudian Maret 2023 sebanyak Rp 149,7 miliar. Sehingga total sudah Rp 229,7 miliar.

Alhasil, Pemprov Lampung membantah terkait adanya tudingan yang mengatakan bahwa pemprov tidak komitmen melakukan pembayaran DBH.

Kabid Evaluasi, Pembinaan Kabupaten/Kota, dan Investasi BPKAD Lampung Nurul Fajri mengatakan, tidak benar jika pemprov disebut tidak komitmen dalam pembayaran DBH.

BACA JUGA:Dosen MIPA Unila Aristoteles Paparkan Implementasi AI Identifikasi Sperma Manusia

Sebab, kata Nurul Fajri, hingga Maret 2024, Pemprov Lampung telah dua kali menyalurkan DBH kepada 15 kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

"Menurut kami itu (tidak komitmen, red) sama sekali tidak benar. Karena buktinya sampai dengan saat ini di bulan Febuari kita sudah salurkan Rp 80 miliar. Lalu Maret beberapa hari lalu kita sudah salurkan Rp 149, 7 miliar, " ujar Nurul Fajri, Kamis 28 Maret 2024.

Menurutnya, penyalur DBH oleh pemprov kepada kabupaten/kota tahun 2024 ini sudah sesuai dari hasil pertemuan Gubernur Lampung dengan bupati dan wali kota, pada 14 Maret 2024 lalu.

"Jadi itu (pada pertemuan, red) disampaikan terkait skema pembayaran dan mekanisme pembayaran terhadap DBH provinsi ke kabupaten/kota," ucapnya.

BACA JUGA:Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Bandar Lampung Dilanda Banjir Hingga Pohon Tumbang

"Makanya agak lucu ada stetmen Pemprov Lampung tidak komit. Sedangkan bupati dan wali kota sudah bertemu langsung dengan pak gubernur. Juga sudah disampaikan," sambungnya.

Skema dan mekanisme pembayaran DBH dari pemprov kepada kabupaten/kota sudah disampaikan pihaknya kepada Irjen Kemendagri yang melakukan supervisi kepada Pemprov Lampung.

Selain Irjen Kemendag, juga sudah disampaikan kepada BPK yang saat itu sedang melakukan pemeriksaan terhadap rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Pemprov Lampung.

"Semua sudah tersampaikan kepada bupati dan wali kota. Jadi nyatanya 14 kabupaten/kota berterima kasih kepada pak gubernur terkait penyaluran DBH yang sudah disalurkan Maret," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: