Hadapi Era Digital, Unila Gelar Seminar Literasi Digital

Hadapi Era Digital, Unila Gelar Seminar Literasi Digital

LPPM Universitas Lampung (Unila) menggelar Seminar Nasional Literasi Digital bagi Keluarga di Hotel Emersia, Bandarlampung, Selasa, 30 April 2024.--

BANDARLAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - LPPM Universitas Lampung (Unila) menggelar Seminar Nasional Literasi Digital bagi Keluarga di Hotel Emersia, Bandarlampung, Selasa, 30 April 2024.

Seminar menghadirkan narasumber Yuniarti, S.T., M.M. dan Dra. Maryamah, M.M. dengan moderator Meliyana, S.I.P., M.A.

Seminar dibuka langsung Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.,I.P.M., ASEAN.Eng. Prof. Lusmeilia menyatakan kegiatan ini merupakan upaya bersama dalam meningkatkan kesadaran dan kemampuan literasi digital di  kalangan keluarga di Indonesia, khususnya di Lampung.

''Seminar ini sangat penting dan strategis dalam rangka membekali keluarga-keluarga di Indonesia dengan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi era digital yang semakin berkembang," katanya.

BACA JUGA:Stop Kebiasaan Buruk Ini! 4 Bahaya Main HP Sambil Dicas

Digitalisasi, kata Prof. Lusmeilia, telah merambah ke semua aspek kehidupan. Mulai dari cara kita berkomunikasi, bekerja, belajar, hingga mengakses informasi. Namun, kemajuan ini juga membawa tantangan tersendiri.

"Terutama terkait dengan keamanan digital, privasi, dan bagaimana kita memilih serta memilah informasi yang akurat di tengah banjirnya berita dan informasi yang ada," ujarnya.

Literasi digital, kata Prof. Lusmeilia, bukan hanya kemampuan untuk menggunakan perangkat teknologi.

"Namun, juga kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi yang diperoleh melalui berbagai media digital. Literasi ini menjadi sangat vital di era di mana informasi mudah diakses, tapi juga mudah untuk disalahgunakan," ungkapnya.

BACA JUGA:Akademisi: Nobar Jadi Ajang 'Jualan' Calon Kepala Daerah

Melalui seminar ini, kata Prof. Lusmeilia, Unila bersama dengan LPPM ingin mengajak semua pihak, terutama keluarga, untuk dapat lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan teknologi digital.

''Keluarga memiliki peranan penting sebagai unit pertama dan utama dalam pendidikan karakter serta kearifan dalam menggunakan teknologi digital," katanya.

Prof. Lusmeilia berharap seminar ini dapat memberikan manfaat yang maksimal serta menjadi titik tolak dalam literasi digital yang lebih inklusif dan komprehensif.

''Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berbagi sebanyak mungkin. Kita dapat kembali ke keluarga dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: