Iklan Bos Aca Header Detail

Pemkab Mesuji Bakal Distribusikan 28 Sapi Kurban saat Hari Raya Idul Adha 2024

Pemkab Mesuji Bakal Distribusikan 28 Sapi Kurban saat Hari Raya Idul Adha 2024

Hewan kurban. ILUSTRASI/FOTOPIXABAY--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Guna berpartisipasi dalam hari raya Idul Adha 17 Juni 2024 mendatang, Pemkab Mesuji melalui seluruh OPD Lingkup Pemkab setempat akan memberikan hewan kurban.

Hewan kurban tersebut akan dibagikan untuk masyarakat Mesuji, yang akan didistribusikan di tujuh kecamatan Se-Kabupaten Mesuji.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji Andri Jasman Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui seluruh OPD akan menyumbang hewan kurban untuk diberikan ke masyarakat Mesuji.

"Total hewan kurban adalah 28 ekor, jenis sapi semua. Ini adalah ibadah kurban para OPD," kata Andri Jasman saat dikonfirmasi Kamis 30 Mei 2024.

BACA JUGA:3 Pj Bupati di Lampung Naik Haji, 2 Aman, 1 Setengah Abu-abu

Untuk OPD yang menyumbang hewan kurban secara sendirian, Kabag Kesra menyebut, antaranya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas PU-PR, Setdakab, Sekretariat Dewan, Bappelitbangda, BPKAD.

"Untuk OPD yang lain adalah gabungan dalam membeli hewan kurban jenis sapi tersebut. Misal seperti kecamatan, dua kecamatan memberikan satu ekor sapi," jelasnya.

Saat ditanya sumber dana, Kabag Kesra menuturkan, dalam pembelian sapi tersebut tidak memakai APBD, melainkan pribadi dari OPD.

"Jadi, sumber dana pembelian sapi, itu tidak melalui APBD, kita dari pribadi. Contoh di dalam satu OPD, ada tujuh orang yang sum-sum an, atau di gabung lagi ke OPD satunya, sehingga terkumpul dana untuk satu ekor sapi," ungkapnya.

BACA JUGA:Mesuji di Ambang Vacum of Power, Sekdakab Angkat Bicara

Menurutnya, direncanakan pendistribusian hewan kurban sapi akan didistribusikan pada H-2 atau H-1 Hari Raya Idul Adha.

"Sekitar tanggal 15-16 Juni 2024 akan kami distribusikan, nanti hewan kurban sapi ini sebar di tujuh kecamatan. Diutamakan ke desa yang belum pernah mendapatkan hewan kurban dari tahun 2022 dan 2023," terangnya. 

Selain itu, Andri Jasman menjelaskan, untuk jumlah yang akan dibagikan, dalam satu kecamatan akan mendapatkan minimal dua ekor.

"Kami pastikan, bahwa semua sapi dalam keadaan sehat, kami akan bagikan sebanyak minimal dua ekor sapi dalam satu kecamatan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: