Iklan Bos Aca Header Detail

Jelang Idul Adha 2024, Pemkab Tulang Bawang Cek Kesehatan Hewan Ternak, Begini Hasilnya

Jelang Idul Adha 2024, Pemkab Tulang Bawang Cek Kesehatan Hewan Ternak, Begini Hasilnya

Petugas mengecek kondisi kesehatan hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 2024-Dokumentasi -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemkab Tulang Bawang melalui Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan mengecek kondisi kesehatan hewan.

Pengecekan tersebut dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Tulang Bawang Nasib Subagio mengatakan, pengecekan hewan ternak siap potong tersebut dilakukan agar saat Idul Adha 2024 aman dari penyakit mulut dan kuku (PMK) serta antraks.

Dilanjutkannya, pihaknya telah memantau dan melihat kondisi kesehatan hewan ternak di sejumlah lokasi yang ada di 15 Kecamatan.

BACA JUGA:Curi Uang Rp 9,4 Juta di Rumah Tetangga, Bocah 16 Tahun Diamankan Polsek Blambangan Umpu

"Alhamdulillah untuk kasus PMK nihil. Untuk penyakit antraks juga syukur alhamdulillah di Sumatera, khususnya Tulang Bawang tidak ada," katanya, Minggu 2 Juni 2024.

Nasib mengungkapkan, pengecekan tersebut juga bekerjasama dengan balai karantina dan pihak terkait, sehingga dua penyakit hewan tersebut dapat dicegah penyebarannya.

Sementara itu, terkait ketersediaan hewan kurban, Nasib menjelaskan bahwa kondisi kesehatan hewan serta ketersediaannya di sejumlah pedagang daging di pasar hasilnya higienis dan mencukupi.

"Iya, dari hasil pengecekan sejumlah hewan ternak dibeberapa lokasi dipastikan aman dari penyakit. Terkhusus penyakit PMK dan Antraks," ungkapnya.

BACA JUGA:Terungkap, Ini Penyakit yang Sempat Diderita Prof. Irwan Sukri Banuwa Sebelum Berpulang

Meskipun demikian, Nasib tetap mengimbau masyarakat agar menjelang Idul Adha 2024 bisa lebih jeli dalam membeli hewan ternak atau kurban yang sehat.

Dijelaskannya, hewan ternak yang sehat dan baik dapat dilihat langsung dari fisiknya yang lincah dan bulunya tidak kusam serta nafsu makannya yang bagus.

Pada hewan tersebut juga tidak terdapat cacat atau luka pada bagian tubuh sesuai ciri-ciri penyakit PMK atau Antraks.

Nasib mengungkapkan, beberapa ciri khusus yang dapat dilihat jika hewan ternak terpapar penyakit PMK yakni mulut berbusa, luka lepuh pada bagian kuku. Bahkan, lanjutnya, jika sudah akut kuku akan lepas dengan sendirinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: