CEO Markplus Institute Beri Pemahaman Marketing kepada Mahasiswa dan Dosen FEB Unila, Ini Isinya

CEO Markplus Institute Beri Pemahaman Marketing kepada Mahasiswa dan Dosen FEB Unila, Ini Isinya

Deputy Chairman MCorp /CEO Markplus Institute, Dr.Jacky Mussry saat jadi pemateri kuliah umum ilmu marketing abad 21. Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung--

Dr.Jacky memberikan pemahaman kepada mahasiswa maupun Dosen Unila bahwa tidak hanya mengerti dunia penjualan maupun marketing.

Namun, juga harus mampu menyampaikan bahasa finance di departemen finance agar setiap strateginya dapat didukung oleh departemen lainya serta memperluas network (jaringan) .

BACA JUGA:Hadir Dalam Versi Lite, Vivo V40 Bawa Performa Snapdragon 6 Gen 1

"Bekerja sesuai passion, jiwa kreatifitas, mampu calculated risk taker tapi juga harus mampu mengupgrade diri seperti terus belajar ilmu baru dan memperluas network,"jelas Dr.Jacky sambil mengatakan menyerah bukan jadi pilihan. 

Dr.Jacky juga menyayangkan banyak UKM Indonesia banyak tidak dikelola baik.

Ada beberapa kesalahan UKM sering diabaikan salah satu menjalankan UKM tidak efisien dan pengelolaan tidak baik , tidak efektif dalam aset serta kreatifitas bukan sekedar ide tetapi bagaimana cara implementasinya.

"UKM harus dikelola dengan baik terutama dalam sistem pengelolaan keuangan baik pemasukan dan pengeluaran harus tercatat secara accounting,"jelas Dr.Jacky saat menjadi pemateri Kuliah Umum di FEB Unila .

BACA JUGA:Hadir Dalam Versi Lite, Vivo V40 Bawa Performa Snapdragon 6 Gen 1

"Ide yang bagus Tanpa eksekusi yang kuat juga percuma, UKM ini juga harus mampu melihat peluang pasar baik jangka pendek maupun jangka panjang,"jelas Dr.Jacky.

Para pelaku UKM juga harus mampu melihat perubahan apa yang terjadi baik kompentitor siapa apa makin banyak atau bagaimana termasuk perubahan market atau selera konsumennya.

Selain itu, Dr.Jacky menjelaskan bahwa sistem Enterpreneurial cocok dipakai saat ini adalah kolaborasi marketing, market dan network .

Dr.Jecky mencontohkan salah satu perusahaan yang menggabungkan  kolaborasi dalam sistem Enterpreneurial yakni perusahaan Toyota Astra Motor dengan Yamaha Music berkolaborasi dalam menciptakan untuk mesin kendaraan yang spesifik.

"Ini bukti bahwa kita boleh berkompetensi tetapi juga berkolaborasi,"jelas Dr.Jecky

BACA JUGA:Marindo Kurniawan Wisudawan Terbaik Program Doktor Ekonomi FEB Unila

Diakhir kuliah umum, Dr.Jecky memberikan motivasi kepada mahasiswa feb Unila mau lulus atau baru lulus untuk tidak berpuas diri namun selalu belajar untuk menggali ilmu baru atau upgrade diri dan ingat menyerah bukan suatu pilihan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: