Iklan Bos Aca Header Detail

Perkenalkan Teknologi BIM untuk Proses Kontruksi Cerdas, Rektor Unila Resmikan PII-BK Sipil Goes To Campus

Perkenalkan Teknologi BIM untuk Proses Kontruksi Cerdas,  Rektor Unila Resmikan PII-BK Sipil Goes To Campus

Suasana pembukaan PII-Bagian Kejuruan (BK) Sipil Goes to Campus di Aula Dekanat Fakultas Teknik Unila. Foto Unila--

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Dunia konstruksi dalam beberapa tahun terakhir dihadapkan pada isu keberlanjutan, efisiensi, serta kecepatan pembangunan dengan nihil kecelakaan kerja. 

Untuk itu, kehadiran teknologi baru berbasis BIM kini dipandang sebagai salah satu terobosan penting dalam industri konstruksi.

Hal itu yang disampaikan Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN., Eng saat memberikan sambutan dalam pembukaan secara resmi acara PII-Bagian Kejuruan (BK) Sipil Goes to Campus yang berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat, 11-12 Juli 2024, di Gedung Aula Dekanat Fakultas Teknik Universitas Lampung.

BACA JUGA:Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo, Ibu Kota Kabupaten Tanggamus Bersolek

Kegiatan bertajuk "Introduction to Building Information Modeling (BIM) for Smart Construction Process" ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta mengenai penggunaan BIM dalam proses konstruksi di era perkembangan teknologi saat ini.

"Saya harap informasi BIM yang disampaikan para narasumber mampu membuka wawasan para mahasiswa terkait perkembangan teknologi konstruksi saat ini," jelas Prof Lusmeilia.

Selanjutnya, Ir. Firman Parmudianto, IPU, selaku Direktur Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia, dalam sambutannya menyampaikan, PII-BK Sipil Goes to Campus merupakan program yang dirancang tahun ini, di mana BK Sipil mengunjungi 13 universitas.

BACA JUGA:Buka Tahun Ajaran Perdana, Emer Islamic Boarding School (EIBOS) Gelar Soft Opening

"Unila, dalam hal ini, menjadi universitas ketiga yang dikunjungi dan menjadi tuan rumah,"Tambah Firman. 

Pemilihan tema BIM menjadi fokus utama dalam program goes to campus karena teknologi BIM sangat dibutuhkan dalam praktik konstruksi di era saat ini. "Kami merasa materi BIM sangat dibutuhkan bagi para mahasiswa calon lulusan,"tutupnya.

Sebagai Informasi, Pihak panitia turut menghadirkan beberapa narasumber hebat, di antaranya, Adi Malik Negoro, ST-BIM Coordinator PT Wijaya Karya, Andra Yusfa Ananda, ST-BIM Expert PT Wijaya Karya, dan Bayzoni, S.T., M.T., Dosen Prodi Teknik Sipil Unila.

BACA JUGA:Pecinta Bakso Merapat! Ini Lokasi dan Tarif Makan Bakso Knalpot di Bandar Lampung, Dijamin Maknyus

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PII BK Sipil dan FT Unila. Kerja sama ini diharapkan dapat mempermudah dan mempererat hubungan antara PII dan FT Unila dalam bidang-bidang lain di masa mendatang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: