Iklan Bos Aca Header Detail

Lestarikan Tradisi Sekura Khas Lampung Barat Lewat Festival Budaya Sekala Bekhak

Lestarikan Tradisi Sekura Khas Lampung Barat Lewat Festival Budaya Sekala Bekhak

Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar Festival Budaya Sekala Bekhak (FBSB) 2024 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit. Event ini dimulai sejak 21 hingga 23 Juli 2024.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menggelar Festival Budaya Sekala Bekhak (FBSB) 2024 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit. Event ini dimulai sejak 21 hingga 23 Juli 2024.

FBSB merupakan ajang tahunan yang ditujukan sebagai salah satu wujud misi Kabupaten Lampung Barat yaitu menjadikan kota Liwa sebagai kota budaya.

Event bertema “Sekura The Mask Of Nation, Seni Tradisi Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Mendatang” ini diramaikan dengan perlombaan seni budaya asli Bumi Sekala Bekhak seperti nyambai, orkes gambus, hadra, ngelemang, dan lainnya.

Beberapa kegiatan unggulan lain yang akan ditampilkan diantaranya Malam Pitu Likukh, Ngelemang Bebakhong, Lomba Tari Sekura, Festival Nyambai, Lomba Seni Budaya Hadra "Ngeharak", Festival Orkes Gambus, Kemilau Budaya Nusantara, Fashion Show "Sekala Bekhak Bercelugam", dan Karnaval Kemilau Budaya Bumi Sekala Bekhak.

BACA JUGA:Pemkab Lamsel Miliki Kewajiban Rp164,3 M, Mayoritas terkait Utang PT SMI

Asisten III Bidang Administrasi Umum, Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Barat, Ismet Inoni menjelaskan, Rangkaian perhelatan FBSB menyajikan budaya asli Bumi Sekala Bekhak.

"Agenda ini dilakukan bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi serta adat istiadat yang asli di Lampung Barat," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Parekraf Sandiaga Uno berharap kegiatan ini dapat mendorong pariwisata Lampung Barat serta menciptakan dampak ekonomi bagi masyarakat.

"Saya berharap kegiatan ini dapat mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif kabupaten Lampung Barat melalui ragam atraksi seni dan budaya dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan yang berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta menciptakan lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam video yang diunggah ke sosial media.

BACA JUGA:Keliling 3 Kabupaten, Bacalon Gubernur Lampung Rahmat Mirzani Djausal Ajak Anak Muda Gemar Bersholawat

Sebagai informasi tambahan, sekura merupakan merupakan jenis topeng yang biasanya digunakan dalam perhelatan pesta Sekura dan sudah menyatu dengan masyarakat Sekala Bekhak.

Sekura tak hanya menjadi tradisi, tetapi juga bentuk seni dan budaya yang kaya. Setiap topeng Sekura memiliki makna dan ceritanya sendiri, mencerminkan keragaman budaya dan tradisi masyarakat Lampung.

Tradisi ini menjadi pengingat akan kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus.

FBSB yang ke-10 kali ini menjadi yang keempat kalinya masuk ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: