Iklan Bos Aca Header Detail

KPU Lampung Sebut 1,3 Juta Pemilih Masuk Kategori Rentan

KPU Lampung Sebut 1,3 Juta Pemilih Masuk Kategori Rentan

--

"Sering kali perempuan ini hanya dijadikan objek saja, peran di publiknya sedikit, sementara jumlah nya banyak. Kemudian difabel, kelompok daerah terisolir yang jarang mendapatkan informasi kepemiluan, pemilih di rutan termasuk buruh pabrik," kata dia. 

"Jadi intinya memberikan edukasi ini menjadi pilar utama. Agar mereka faham ketika merka faham, mereka jadi mau memberikan hak suaranya," tambah Anroniyus. 

Terkait materi yang disampaikan, tentunya kata Anton adalah mengenai ajakan memilih, pilkada damai dan beberapa diklih lainnya yang kaitannya dengan partisipasi. 

"Yang kita tekankan adalah saring sebelum sharing. Kelompok ini banyak menerima informasi dari WA Grup misalnya, yang terkadang tidak jelas sumbernya. Terkadang diteruskan tanpa melihat isinya. Dibaca dulu, dicerna, kalau memang hoaks kan ya cukup berhenti di dia saja," kata Anton. 

Ada berbagai tantangan yang dihadapi dalam edukasi diklih kepada kelompok rentan ini. 

"Tentu ada, karena adanya penurunan kognisi lantaran pertambahan usia. Jadi penyerapan informasinya kurang. Makanya juga ada upaya upaya edukasi yang berbeda. Ditambah lagi hambatan fisik adan kesehatan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: