RMD Header Detail

Sejarah! Tim Tenis Meja Lampung Raih Medali Emas Pasca Kalahkan Jatim

Sejarah! Tim Tenis Meja Lampung Raih Medali Emas Pasca Kalahkan Jatim

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Tenis Meja Beregu Putra Lampung meraih medali emas usai menundukkan Jawa Timur (Jatim) 3-2 pada final Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Prestasi ini membuat Tim Tenis Meja Beregu Putra Lampung mengukir sejarah untuk pertama kalinya meraih medali emas di ajang olahraga terakbar di Tanah Air tersebut.

Pada laga final yang berlangsung di GOR Angsapura, Medan, Kamis (12/9/2024), Tim Beregu Putra Lampung diperkuat Rafanael Nikola Niman, Akhmad Dahlan Haruri, dan Braydon Juvensim Susilo. Sedangkan Jatim menurunkan Hafid, Afan, dan Ficky.

Pertandingan final Lampung vs Jatim ini berlangsung ketat sejak awal pertandingan. Di laga pertama, Rafanael Nikola Niman membawa Lampung unggul lebih dahulu 1-0 setelah menang atas Hafid dengan skor 3-2 (11-8, 10-12, 7-11, 11-6, dan 11-7).

Di pertandingan kedua, Jatim menyamakan skor menjadi 1-1 setelah Afan berhasil menundukkan Akhmad Dahlan Haruri dengan skor 3-1 (7-11, 11-6, 11-6, dan 11-8). Jatim berbalik unggul 1-2 setelah Ficky mengalahkan Braydon Juvensim Susilo dengan skor 3-0 (11-5, 11-7, dan 11-8).

Tim Beregu Putra Lampung bangkit di pertandingan keempat setelah Rafanael Nikola Niman membuat kedudukan imbang 2-2 lewat kemenangan atas Afan dengan skor 3-1 (12-14, 11-5, 11-7, 11-8).

Di pertandingan penentuan, Akhmad Dahlan Haruri berhasil mengalahkan Hafid dengan skor 3-1 (11-7, 11-6, 7-11, 11-9). Tim Lampung pun menang dengan skor 3-2 dan memastikan meraih medali emas di PON XXI 2024.

Manager Tim Tenis Meja Lampung, T. Santoso mengapresiasi perjuangan dan kerja keras para atlet, pelatih, dan offisial hingga akhinya dapat mempersembahkan medali emas untuk Lampung di PON XXI 2024.

"Perjuangan dan kerja keras atlet kita, pelatih, semuanya luar biasa. Mereka tak pantang menyerah, terus berusaha maksimal, dan kami bersyukur akhirnya bisa meraih medali emas di PON 2024 ini," kata Santoso.

Ia pun mengapresiasi pihak-pihak yang selama ini sudah memberikan support luar biasa terhadap perkembangan cabang olahraga tenis meja Lampung.

"Ini benar-benar sejarah sekali. Berkat bantuan dari tim kita, dari KONI Lampung, pengurus, kemudian dari SIM Club untuk pembinaan, ini semua sangat luar biasa sehingga kita bisa mendapat medali emas PON. Kami juga berterima kasih atas doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Lampung," ujarnya.

Sementara itu, Bendahara Umum KONI Lampung Lilyana Ali yang menyaksikan langsung pertandingan final tersebut menyampaikan terima kasih kepada atlet, pelatih, dan pengurus cabor tenis meja.

"Terima kasih kepada cabang tenis meja yang sudah menghasilkan satu emas. Mudah-mudahan ke depan pembinaan semakin intens. Dan untuk tenis meja di Lampung, dengan dapat emas ini bisa semakin berkembang," ujar Ali.

Ali juga berharap cabang olahraga tenis meja dapat menambah pundi-pundi medali untuk Lampung di PON XXI 2024 karena masih menyisakan sejumlah nomor yang akan diikuti yakni di nomor tunggal, ganda, dan campuran putra-putri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: