Ingat! 7 November KPPS Mesuji Lampung Dilantik

Ingat! 7 November KPPS Mesuji Lampung Dilantik

Pengundian nomor urut di Pilkada Mesuji. Foto Ardian--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Mesuji Periode 2024-2029 akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.

Seluruh persiapan terus dilakukan petugas penyelenggara yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesuji. Teranyar adalah pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

KPPS adalah jajaran badan adhoc KPU yang dibentuk oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan bertugas untuk menyelenggarakan pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ya Untuk Proses seleksi sudah selesai menunggu ditetapkan dan tanggal 7 November dilantik,” kata Ketua KPU Mesuji Ali Yasir Senin 21 Oktober 2024.

BACA JUGA:Rusak APK Paslon Pilkada Dapat di Sanksi, Begini Kata Bawaslu Tulang Bawang

Selain itu menurutnya KPPS akan mengerjakan berbagai tugas penting, mulai dari persiapan pemungutan suara, pengawasan saat pemilihan, hingga penghitungan dan rekapitulasi suara di tingkat TPS.

KPPS terdiri dari tujuh anggota, termasuk satu ketua. Setiap anggota memiliki tugas spesifik, seperti memanggil pemilih, mempersiapkan surat suara, mencatat hasil perhitungan, dan membantu pemilih yang membutuhkan bantuan. Jelasnya.

Diberitakan Sebelumnya KPU Mesuji membuka pendaftaran calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Penerimaan pendaftaran calon anggota KPPS dimulai pada tanggal 17 hingga tanggal 28 September.

BACA JUGA:Pemprov Lampung Siap Ikuti Perubahan Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran

KPU RI telah menetapkan jadwal pendaftaran calon anggota KPPS mulai dari 17 September hingga 21 September untuk pengumuman calon anggota KPPS. Sementara, penerimaan berkas pendaftaran berlangsung hingga 28 September.

Selanjutnya, penelitian administrasi calon anggota KPPS akan dilakukan pada 18 hingga 29 September 2024. Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 30 September hingga 2 Oktober.

“Penetapan anggota KPPS akan dilakukan pada 7 November, bersamaan dengan pelantikan mereka,” tambah Ali Yasir beberapa waktu lalu.

Prekrutan KPPS ini dikarenakan KPU Mesuji membutuhkan sekitar 2.442 KPPS untuk Pilkada. Yang tersebar di 346 TPS nantinya akan diisi oleh tujuh orang anggota KPPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: