Selamat, Tiga OPD Pemkab Tulang Bawang Dapat Penghargaan Pemerintah Pusat

Selamat, Tiga OPD Pemkab Tulang Bawang Dapat Penghargaan Pemerintah Pusat

Bupati Tulang Bawang Winarti memberikan sambutan saat kegiatan VLH. Foto Diskominfo Tulang Bawang--

Radarlampung.co.id - Kabupaten Tulang Bawang di bawah kepemimpinan Bupati Winarti kembali meraih apresiasi dari pemerintah pusat.

Kali ini, penghargaan datang dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo, untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Disdukcapil Tulang Bawang mendapatkan predikat 'Sangat Baik' dalam penilaian Kabupaten Penyelenggara Pelayanan Publik.

BACA JUGA:Modal Minuman Bersoda, Pemuda Ini Gagahi Pelajar SMP

Raihan tersebut berkat pelayanan dengan sistem jemput bola (Jebol). Pelayanan administrasi kependudukan ini dilakukan dengan sistem keliling ke seluruh penjuru kabupaten menggunakan mobil.

Mobil keliling mendatangi masyarakat dan memasuki Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan.

Beberapa pelayanan yang ditawarkan di antaranya: pelayanan massal langsung jadi, pelayanan kepada warga lanjut usia, penyandang disabilitas, serta melakukan perekaman  KTP elektronik bagi pemilih pemula anak-anak usia 17 Tahun pada 2024.

BACA JUGA:Komentari Berita Penemuan Jenazah Eril, Bupati Winarti: Husnul Khotimah, Ibunya Orang Baik

Kepala Disdukcapil Tulang Bawang Syarif Ali menjelaskan, disamping pelayanan jemput bola, Disdukcapil juga menerima pelayanan online yang bisa dilakukan menggunakan handphone (HP) Android. 

"Saat ini Disdukcapil Tulang Bawang memiliki aplikasi layanan yang diberi nama Megou Pak. Layanan ini merupakan akronim dari melayani warga secara inline untuk penerbitan administrasi kependudukan," terang Syarif Ali, Minggu (12/6).

Pada bagian lain, Kabupaten Tulang Bawang juga meraih penghargaan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung/Kelurahan (DPMK).

BACA JUGA:Mohon Bersabar, NIK Tahap 2 PPPK Tulang Bawang Sedang Diproses BKN

Penghargaan tersebut yakni kabupaten terbaik dalam pembinaan dan pengawasan di bidang pengelolaan aset desa dari Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Bina Pemerintahan Desa Republik Indonesia.

Lebih spesialnya, penghargaan ini menjadi satu-satunya di Provinsi Lampung.

Kabupaten Tulang Bawang menjadi salah satu dari 50 Kabupaten Terbaik dari total 514 Kabupaten/kota se-Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: