Prodi S1 Kebidanan dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan UAP Raih Peringkat Akreditasi 'Baik Sekali'

Prodi S1 Kebidanan dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan UAP Raih Peringkat Akreditasi 'Baik Sekali'

Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Universitas Aisyah Pringsewu meraih peringkat 'Baik Sekali' dari perkumpulan LAM-PTKes. --

PRINGSEWU, RADARLAMPUNG.CO.ID - Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Universitas Aisyah Pringsewu meraih peringkat 'Baik Sekali' dari perkumpulan LAM-PTKes. 

Ini setelah Universitas Aisyah Pringsewu khususnya dari Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kesehatan  sukses melaksanakan kegiatan visitasi akreditasi selama empat hari. 

Akreditasi sendiri merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu (KBBI).

Dimana setelah melewati banyak proses dan persiapan dari para sivitas akademika, visitasi akreditasi dilaksanakan  tanggal 21 sampai 24 Februari 2023.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Ini yang Dilakukan Warga Griya Assalam

Oleh para assesor LAM-PTKes yakni Sinar Pertiwi, S.ST., MPH, Yuni Istiananingsih, SST, M.Keb., Idah Ayu Wulandari, S.Si.T., M.Keb yang melakukan penilaian akreditasi.

Dimana penilaian , dibagi dalam beberapa sesi yang terdiri dari 9 instrumen penilaian. Yaitu sesi penilaian dokumen dan sesi penilaian lapangan atau fasilitas.

Adapun asesmen lapangan atau fasilitas yang dikunjungi diantaranya ruang kelas perkuliahan, Perpustakaan, Asrama, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Terpadu, Laboratorium Objective Struktured Clinical Examination (OSCE).

Kemudian, Laboratorium Computer Based Test (CBT), Center of Innovation, Rumah Sakit, Puskesmas, Praktik Bidan Mandiri. Sedangkan untuk sesi asesmen dokumen, para PJ dari masing-masing instrument diwawancarai secara langsung oleh para assessor.

BACA JUGA:Ingin Raih Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2023? Ini Kompenen yang Perlu Dipahami

Setelah proses asesmen lapangan dilakukan 4 (empat) hari sesuai waktu yang telah ditetapkan, penilaian hasil asesmen lapangan,  Program Studi Sarjana Kebidanan mendapat peringkat “Baik Sekali".

Hal ini berdasarkan SK Nomor 0180/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2023.Begitu juga untuk  Program Studi Pendidikan Profesi Bidan  mendapat peringkat “Baik Sekali" berdasarkan SK Nomor 0181/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2023.

"Semoga dengan diraihnya nilai akreditasi ini, dapat menjadi suatu tantangan dan motivasi bagi lembaga khususnya Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan ke depannya ," terang 

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto,S.Kep., Ners., MAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: