Serahkan Armada Damkar Baru, Bupati Tanggamus Tekankan Petugas Siaga

Jumat 12-06-2020,11:45 WIB
Editor : Alam Islam

radarlampung.co.id - Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyerahkan dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) kepada Bidang Linmas dan Damkar Satpol PP. Kendaraan diterima langsung Kasatpol PP Suratman dalam apel yang berlangsung di halaman Dinas Perhubungan setempat, Jumat (12/6)

Serah terima kendaraan dihadiri Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis, Asisten I Fathurahman, Kepala Dinas Perhubungan Razi Azanisyah serta pejabat lainnya.

Dewi Handajani mengatakan, penyerahan dua unit kendaraan dibarengi dengan pelatihan untuk petugas Damkar di Pemkab Tanggamus.

\"Dengan penambahan armada damkar, diharapkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal penanganan kebakaran akan lebih baik dan lebih cepat lagi,\" tegas Dewi Handajani.

Dengan begitu, terus Dewi, penanganan bencana tersebut menimbulkan rasa aman dan nyaman di masyarakat. \"Walaupun kita berharap tidak ada bencana kebakaran dan lainnya di Tanggamus,\" sebut dia.

Dewi melanjutkan, penambahan damkar ini merupakan bentuk kesiapsiagaan pemerintah, sehingga ketika ada bencana, posisi telah siap siaga. Kemudian masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat.

Saat ini Pemkab Tanggamus baru memiliki tiga unit Damkar. Dengan penambahan tersebut, total ada lima unit kendaraan.

Lima armada Damkar ini akan ditempatkan  di sejumlah titik. Antara lain posko Damkar Kotaagung, Talangladang dan lainnya.

Ke depan, Pemkab Tanggamus akan terus mengupayakan penambahan armada Damkar. Sebab dengan luas wilayah dan 20 kecamatan, idealnya kabupaten itu memiliki 10 Damkar.

Demikian juga kepada para peserta pelatihan pemadam kebakaran. \"Saya mengharapkan dapat mengikuti kegiatan  pelatihan dengan sebaik-baiknya,\" tegasnya.

\"Saya tidak mau mendengar, ketika ada bencana, petugas pemadam kebakaran tidak berada di tempat. Artinya,  petugas harus selalu disiplin,\" pungkasnya.

Sementara usai menyerahkan kunci mobil secara simbolis kepada Kasatpol PP, Dewi berkesempatan menguji mobil Damkar tersebut, dengan menghidupkan mesin kendaraan.

Terpisah Kasatpol PP Tanggamus Suratman menuturkan, ke depan pihaknya memproyeksikan menambah posko Damkar. Selain Kotaagung dan Talangpadang, akan ada posko Damkar di Kecamatan Pugung, Pulaupanggung dan  Wonosobo. (ehl/ais)

Tags :
Kategori :

Terkait