Soroti Capaian Program Keringanan PKB, Ini Pesan Dewan Untuk Bapenda dan Masyarakat Lampung

Selasa 20-06-2023,05:58 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Provinsi) Lampung menilai pencapaian realisasi keringanan pajak kendaraan bermotor (PKB) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah baik.

Wakil Ketua I DPRD Lampung Elly Wahyuni mengatakan, pihaknya terus mendukung dan mendorong agar Bapenda terus melakukan inovasi dalam meningkatkan pendapatan.

Salah satunya dirinya telah memberi masukan kepada Bapenda untuk menghidupkan kembali layanan SMS untuk mengingatkan masyarakat agar tepat waktu membayar pajak.

Di mana, kata Elly Wahyuni, Bapenda telah melakukan pemaparan bahwa mereka telah melakukan upaya peningkatan capaian program keringanan PKB dengan mengerahkan samsat keliling ke kabupaten/kota.

BACA JUGA:Tok! Hari Ini Desta dan Natasha Rizki Resmi Cerai

"Tujuannya untuk mendekatkan tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat. Makanya mobil samsat keliling. Ini salah satu inovasi yang cukup baik," ujar Elly Wahyuni saat ditemui di DPRD Lampung, Senin 19 Juni 2023.

Disinggung apakah realisasi pendapatan program keringanan PKB tahun 2023 harus lebih besar dengan realisasi pemutihan pajak tahun 2021 lalu, Elly Wahyuni menilai bahwa pemutihan pajak yang harus memiliki target lebih tinggi.

"Kalau pemutihan kan gratis, maka target harus lebih besar. Tapi kalau hanya keringanan ini kan tetap bayar. Jadi pencapaian target tidak bisa besar," ucapnya.

"Apalagi dengan kondisi perekonomian masyarakat sekarang semua mengalami penurunan," tuturnya.

BACA JUGA:Begini Cara Menentukan Potongan Rambut Berdasarkan Bentuk Wajah yang Kamu Miliki

Meski demikian, dirinya tetap mendorong inovasi-inovasi dari Bapenda terus dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak.

"Capaian Rp 31,9 miliar sudah bagus untuk program ini (Program Keringanan PKB, red). Ini baru dua bulan berjalan sudah mencapai segitu sudah sangat baik. Apalagi banyak inovasi yang sudah dilakukan," ungkapnya.

Selain itu, Elly Wahyuni mengimbau masyarakat Lampung untuk taat membayar pajak sesuai aturan yang berlaku. 

"Ayok kita sama-sama sadar membayar pajak. Karena uang dari pajak ini digunakan untuk pembangunan di Provinsi Lampung," ucapnya.

BACA JUGA:Detik-detik Menegangkan Soekarno Tinggalkan Istana Merdeka jelang Supersemar Keluar

Kategori :