Lampung Deflasi 0,16 Persen di Juli 2024, Berikut Ini Lima Komoditas Yang Miliki Andil

Kamis 01-08-2024,19:27 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Ari Suryanto

Bulan Mei sebesar 3,09 persen; bulan April sebesar 3,29 persen; bulan Maret sebesar 3,45 persen, bulan Februari dan Januari 2024 yang masing-masing sebesar 3,28 persen.

BACA JUGA:Usut Dugaan Korupsi Rp 3,2 M Pada Proyek SPAM, Penyidik Kejati Lampung Geledah Kantor Rekanan PDAM Way Rilau

BACA JUGA:'Kursi Dingin' Dirut Bank Lampung, Ada Apa Dengan Presley Mundur?

Sedangkan tingkat inflasi year to date (y-to-d) pada Juli 2024 adalah sebesar 0,37 persen, lebih rendah jika dibandingkan dengan inflasi y-to-d pada Juni 2024 yaitu sebesar 0,52 persen.

Pada tingkat inflasi bulan Juli 2024 y-to-y, kelompok makanan, minuman, dan tembakau justru memberikan kontribusi inflasi sebesar 5,45 persen.

"Kenaikan harga beras, kopi bubuk, sigaret kretek mesin, gula pasir, dan ikan lele menjadi pendorong utama inflasi pada kelompok ini," terangnya.

Jika dilihat lebih rinci, menurut Atas Parlindungan Lubis, terdapat perbedaan tingkat inflasi di antara empat kabupaten/kota IHK yang diamati oleh BPS Provinsi Lampung, yaitu Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Mesuji, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro. 

BACA JUGA:Sawah Terancam Kekeringan Ini Langkah Pemkab Mesuji

BACA JUGA:Proses Penerbitan SK, Dokumen Caleg Lampung Barat Terpilih Diserahkan ke Gubernur

Kabupaten Lampung Timur tercatat tingkat inflasi tahunan (y-on-y) tertinggi sebesar 3,63 persen, sementara Kabupaten Mesuji memiliki tingkat inflasi terendah sebesar 1,73 persen.

Untuk inflasi bulanan (m-to-m), Kabupaten Lampung Timur juga mengalami deflasi tertinggi sebesar 0,46 persen, sedangkan Kota Bandar Lampung mencatat deflasi terendah sebesar 0,01 persen.

Perbedaan ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi dan dinamika pasar di masing-masing daerah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pergerakan harga.

Terpisah, untuk rata-rata tingkat inflasi nasional dari rilis Plt Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, Indonesia mengalami deflasi 0,18 persen pada Juli 2024 (m-to-M).

BACA JUGA:Musim Kemarau, Ini Antisipasi Pemkot Bandar Lampung Terhadap Potensi Kebakaran juga Kekeringan

BACA JUGA:Bank Lampung Buka Suara, Ungkap Alasan Presley Hutabarat Mundur dari Jabatan Direktur Utama

Sedangkan secara tahunan (y-on-y) negara ini mencatat inflasi sebesar 2,13 persen.

Kategori :