Ketersediaan Air di Pesawaran Surplus Lima Tahun Kedepan

Kamis 03-10-2024,21:01 WIB
Reporter : Prima Imansyah Permana
Editor : Anggri Sastriadi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ketersediaan air di Kabupaten Pesawaran diproyeksikan tetap surplus hingga lima tahun kedepan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PLH) Pesawaran Linda Sari dalam Uji Publik II Kajian Lingkungan Hidup Strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (KLHS RPJMD) Tahun 2025-2029 di Aula Hotel De Green, Bandar Lampung pada Kamis 3 Oktober 2024.

Kata Linda, dalam penyusunan KLHS RPJMD ini Dinas PLH telah menyusun beberapa proyeksi skenario mengenai daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup di Pesawaran.

Diantaranya mengenai daya dukung air, skenario daya dukung lahan, serta rasio tampung penduduk.

BACA JUGA:Pengedar Narkoba Ditangkap, BB SS 7,75 Gram

Untuk daya dukung air, Linda menyebut ketersediaan air diproyeksikan masih mengalami surplus hingga lima tahun ke depan. 

Meski begitu, Linda menyampaikan beberapa upaya masih perlu dilakukan untuk mempertahankan kesediaan air. 

Diantaranya, dengan kesadaran menghemat penggunaan air melalui upaya sosialisasi, reboisasi dan penghijauan pada area pemukiman dan jalan besar.

Kemudian, membangun waduk di area yang berpotensial mengalami kekeringan, serta memelihara atau melakukan rehabilitasi konservasi lahan dan air.

BACA JUGA:Pelaku Curanmor di Jabung Kabur Saat Penggerebekan, Polisi Temukan Motor Korban di Persawahan

Sementara itu, disampaikan Linda, untuk daya dukung lahan potensial diperkirakan akan terus menurun dalam lima tahun ke depan. 

Untuk itu perlu adanya upaya untuk mempertahankan daya dukung lahan melalui penyediaan ruang terbuka hijau pada kawasan pemukiman pada penduduk serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan penataan ruang.

Adapun untuk rasio daya tampung penduduk di Pesawaran menurut Linda, masih dapat dikategorikan bagus untuk dalam lima tahun kedepan.

"Upaya yang dapat dilakukan untuk mempertahankannya adalah dengan meningkatkan pengendalian pemanfaatan ruang dan mengarahkan pembangunan pada kawasan pemukiman," ucapnya.

BACA JUGA:Visit ke Radar Lampung, Arinal Beber Sempurnakan Program Pembangunan dari Desa

Kategori :