Butuh Pendamping untuk Membentuk Koperasi Perikanan di Lambar

Butuh Pendamping untuk Membentuk Koperasi Perikanan di Lambar

radarlampung.co.id - Pembentukan koperasi perikanan diĀ  Lampung Barat yang diharapkan menjadi solusi dalam permasalahan budidaya ikan baru rencana. Keterbatasan pengalaman dalam menghadapi birokrasi dan pendidikan formal yang minim membuat pembentukan wadah tersebut belum jelas.

Ketua Asosiasi Pengusaha Perikanan (APP) Lambar Yudi Satriawan mengatakan, rencana pembentukan koperasi sudah digagas sejak awal tahun. \"Kami membutuhkan pendamping untuk memfasilitasi dan mencari solusi agar rencana petani ikan membentuk koperasi bisa terwujud,\" kata Yudi Satriawan.

Menurut dia, usaha perikanan menjadi solusi bagi masyarakat. Terlebih ketika hasil kopi yang menjadi mata pencaharian utama sedang tidak menentu.

\"Kami maklum, kalau pemkab sekarang sedang fokus dengan usaha kopi. Tapi dilihat lagi, sekarang masyarakat Lambar sedang gencar memulai budidaya ikan. Karena usaha ini menjadi solusi bagi masyarakat ketika hasil kebun kopi tidak begitu menjanjikan,\" ujarnya.

Dilanjutkan, ketika koperasi perikanan terwujud, maka wadah tersebut bisa menjadi solusi mengatasi permasalahan yang dihadapi petani ikan.

\"Kami berharap Pemkab Lambar jangan sampai mengabaikan potensi perikanan yang ada. Harus ada perhatian penuh. Jangan setengah-setengah, seperti yang sudah-sudah,\" tegasnya. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: