Real Count Capai 75,62 Persen, 2 Parpol Berpotensi Dapat Jatah Dua Kursi di DPR RI Dapil Lampung I

Real Count Capai 75,62 Persen, 2 Parpol Berpotensi Dapat Jatah Dua Kursi di DPR RI Dapil Lampung I

Ilustrasi vote.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - KPU RI terus melakukan perhitungan hasil pemilu legislatif (Pileg) melalui sirekap.

Hasil perolehan sementara pada Dapil Lampung I DPR RI yang meliputi Lampung Selatan, Lampung Barat, Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Pesisir Barat, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro, Partai Gerindra diprediksi mampu mendudukkan kadernya.

Sebab, dari hasil sementara real count, suara masuk 75,62 persen pada Kamis 22 Februari 2024 pukul 15.00 WIB (Progress: 9316 dari 12320 TPS), partai besutan Prabowo Subianto itu berhasil mengumpulkan 233.971 suara (17,1 persen).

Disusul PDI Perjuangan 209.033 suara (15,28 persen), dan PKB 194.594 (14,22 persen).

BACA JUGA:Cair! Segini Keuntungan yang Bisa Dihasilkan Dari Facebook Pro, Jumlahnya Bisa Fantastis

Jika merujuk pada hasil di atas dan dihitung melalui perhitungan saint lague, ada dua partai politik yang akan mendapatkan jatah dua kursi di Dapil Lampung I DPR RI, yakni Partai Gerindra dan PDI Perjuangan.

Untuk Gerindra, diketahui Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani berhak menduduki kursi pertama untuk Gerindra dengan raihan 66.457 suara.

Kursi Gerindra selanjutnya merupakan kursi ke sembilan dari Dapil I Lampung. Diisi oleh suara tertinggi kedua di Partai Gerindra yakni Ruby Chairani Syiffadia (38.306 suara).

Di sisi lain, juga berdasarkan real count sementara, parpol selanjutnya yang berpotensi menempatkan dua kursi di DPR RI Dapil I Lampung yakni PDI Perjuangan.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlambat! Ini 5 Tanda Gejala Tubuh Terserang Osteoporosis yang Wajib Diketahui

PDI Perjuangan berhak atas kursi kedua di dapil itu. Di isi oleh mantan Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri (60.139 suara), dan kursi ke 10 dari dapil tersebut diisi oleh Sudin (47.871 suara).

Kendari begitu, Kordiv Sosdiklih dan Parmas KPU Provinsi Lampung Antoniyus Cahyalana menjelaskan, pihaknya meminta semua pihak untuk bersabar menunggu pleno hingga tingkatan akhir.

“Untuk menjaga kondusifitas, kami mengajak semua pihak, baik parpol, caleg, dan masyarakat untuk sama-sama menunggu pleno perhitungan suara hingga tingkat akhir. Baik itu pileg maupun pilpres,” imbuhnya. 

Simulasi Pengisi Kursi DPR RI Dapil I Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: