Masih Ada Waktu, SMMPTN Universitas Lampung Diperpanjang, Ayo Buruan Daftar!

Masih Ada Waktu, SMMPTN Universitas Lampung Diperpanjang, Ayo Buruan Daftar!

Foto simanila.unila.ac.id--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Lampung memperpanjang waktu pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) hingga hari ini, 28 Juni 2022.

Ketua PMB Unila Dr. Eng Helmi melalui Humas Muhammad Komaruddin mengatakan, awalnya pendaftaran ditutup Senin, 27 Juni 2022.

Namun melihat antusias pendaftar yang tinggi, dilakukan perpanjangan waktu.

"Pendaftaran SMMPTN diperpanjang sampai Selasa dan ditutup pukul 12:00 WIB. Simpan permanen pukul 16:00 WIB dan batas akhir cetak kartu pukul 16.00," kata Muhammad Komaruddin. 

BACA JUGA: Tak Lolos SBMPTN, Ribuan Peserta Incar SMMPTN Universitas Lampung

Diketahui, peminat seleksi mandiri masuk perguruan tinggi negeri (SMMPTN) Universitas Lampung langsung melejit. Hinga saat ini, tercatat ribuan peserta yang mendaftar.

Humas PMB Unila Muhammad Komaruddin mengatakan, sebelum SBMPTN diumumkan, jumlah peserta SMMPTN baru 400 orang.

Namun setelah SBMPTN diumumkan, peminatnya mencapai seribuan lebih. Pendaftaran sendiri berakhir,Senin 27 Juni 2022.  

"Mungkin karena habis pengumuman SBMPTN. Jadi yang mendaftar SMMPTN Unila langsung melejit naiknya. Dari sekitar 400, sekarang pilihan ada 1.209 pendaftar dan pilihan dua 1.000 orang,” kata Muhammad Komaruddin, Minggu 26 Juni 2022.

BACA JUGA: Itera Buka Jalur Mandiri SMMPTN Barat 39 Program Studi, Yuk Cek Info Lengkapnya

Muhammad Komaruddin menuturkan, jumlah tersebut akan terus bertambah. Mengingat pendaftar SBMPTN Unila 2022 mencapai 15 ribu lebih peserta dengan jumlah yang lolos hanya 5755 orang.

"Insya Allah akan terus bertambah. Karena kita tahu, persaingannya sangat ketat kemarin di SBMPTN. Kemungkinan yang tidaklolos, menemput jalur mandiri,” sebut Muhammad Komaruddin .

Tahun ini Unila menyiapkan kuota 11 ribu lebih mahasiswa baru dengan tiga jalur penerimaan. Terdiri dari SNMPTN, SBMPTN  dan SMMPTN.

Muhammad Komarudin mengatakan, para peserta yang gagal saat UTBK nanti masih bisa melanjutkan melalui jalur Barat. Pendaftarannya sudah dibuka sejak April lalu.

BACA JUGA: Ini Urutan Sekolah Terbanyak yang Lolos SBMPTN Unila, Termasuk Kamu?

"Jadi bukan skor terkecil. Misalnya ada seribuan peserta masuk dalam satu prodi, tetapi kuotanya hanya 100. Maka peserta yang gagal ini bukan berarti nilainya bisa dipakai mandiri. Tetapi harus mengikuti SMMPTN jalur Barat," Muhammad Komaruddin, Minggu 5 Juni 2022.

Muhammad Komaruddin mengungkapkan, kuota untuk jalur mandiri ini disiapkan sebesar 30 persen dari total penerimaan.

Berdasar program panitia pusat untuk jalur lain seperti  SMMPTN Barat yang sudah diluncurkan pada 26 Februari 2022 juga tidak kalah menarik. 

Program tersebut bakal diikuti 25 perguruan tinggi negeri yang bernaung di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Agama.

BACA JUGA: Catat! Ini Alur Registrasi untuk Peserta yang Lulus UTBK SBMPTN Universitas Lampung

“Pada program ini, Unila akan menerima sekitar 2.500 sampai tiga ribu mahasiswa melalui jalur SMMPTN Barat. Tapi nanti kuota tersebut dimaksimalkan atau tidak, itu juga melihat yang mendaftar ulang di jalur SNMPTN dan SBMPTN,” sebut Muhammad Komaruddin.

Terpisah, Humas Institut Teknologi Sumatera (Itera) Rudiansyah mengatakan, total pendaftar SMMPTN Barat ITERA mencapai 1.200 orang.

Ada lima prodi paling diminati. Yaitu Farmasi sebanyak 287 pendaftar, Teknik Informatika (135), Teknik Pertambangan (107), Teknik Sipil (83), dan Teknik Biomedis (55).

"Dari total 1.200 pendaftar, akan ada sebanyak 359 peserta yang akan mengikuti Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) SMMPTN Barat di kampus Itera," ungkap Rudiansyah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: