Niat Bawa Truk ke Bengkel, Eh Malah Masuk Siring di Jalinbar Tanggamus

Niat Bawa Truk ke Bengkel, Eh Malah Masuk Siring di Jalinbar Tanggamus

Truk Hino bermuatan kayu sengon terguling di Jalinbar Pekon Umbul Buah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. FOTO RNN--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.IDKecelakaan lalu lintas terjadi di jalan lintas Barat (Jalinbar) Pekon Umbul Buah, Kecamatan Kotaagung Timur, Tanggamus.

Truk bermuatan kayu sengon terperosok ke siring, pukul 14.30 WIB, Selasa 28 Juni 2022. Proses evakuasi baru berhasil dilakukan, Rabu 29 Juni 2022.

Kecelakaan bermula ketika truk bermuatan kayu sengon B 9672 SYK yang dikemudikan Megi, warga Kecamatan Wonosobo, melaju dari arah Kotaagung menuju arah Kotaagung Timur.

Saat berada di tanjakan Jalinbar Pekon Umbul Buah, truk pecah pada bagian selang angin. Akibatnya, kendaraan tidak terkendali sehingga mundur dan terperosok ke siring.

BACA JUGA: Jalan Licin Sebabkan Truk Pengangkut CPO Terbalik di Jalinbar Pesisir Barat

"Sebelumnya memang sudah kerasa. Saat mau masuk ke bengkel yang ada di dekat lokasi kejadian, tiba-tiba selang anginnya pecah. Jadi truk tidak bisa dikontrol dan masuk ke siring," kata Megi.

Kanit Gakkum Satlantas Polres Tanggamus Bripka Kuswanto membenarkan kecelakaan tunggal tersebut.

"Iya mas, betul. Sekarang sedang dilakukan evakuasi kendaraan sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lain,” kata Kuswanto.

Berdasarkan pantauan, proses evakuasi baru berhasil dilakukan sekitar pukul 13.50 WIB, Rabu 29 Juni 2022.

BACA JUGA: Begini Caranya Keluarga Hi. Maherat Hamid Berterima Kasih kepada Polisi

Ditarik truk fuso menggunakan tali seling dan rantai. Personel kepolisian juga membantu dalam mengatur lalu lintas. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Sebelumnya, kecelakaan juga terjadi di jalan lintas Barat (jalinbar), tepatnya di tanjakan Manula, Pekon Rata Agung, Kecamatan Lemong, Pesisir Barat, Selasa 28 Juni 2022.

Truk tangki Hino BD 8291 IU pengangkut crude palm oil (CPO) terbalik sekitar pukul 18.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kapolsek Pesisir Utara AKP Heri Oktarino mengatakan, truk Hino yang dikemudikan Agung Berlian Septi (42), warga Pasar Panorama, Kota Bengkulu berangkat dari Bengkulu menuju Bandar Lampung.

BACA JUGA: Serangan Siber Mengancam Lampung, Kepala Siber dan Sandi Negara RI Turun Tangan

Saat melintas di lokasi kejadian, diduga truk tidak kuat jalan menanjak. Ini disebabkan jalanan licin akibat tumpahan minyak CPO dari kendaraan jalan.

”Karena tidak kuat menanjak, mobil tangki itu mundur dan terbalik. Akibatnya muatan CPO tumpah,” kata AKP Heri Oktarino mewakili Kapolres Lampung Barat AKBP  Hadi Saepul Rahman.

AKP Heri Oktarino mengungkapkan, personel Polsek Pesisir Tengah dibantu masyarakat masih berupaya membersihkan minyak mentah yang tumpah.

"Sejak subuh tadi, proses pembersihan tumpahan minyak masih dilakukan. Sekarang jalan belum bisa dilalui dan arus lalu lintas masih macet total," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: