Luar Biasa, Jumlah Sapi di Mesuji Bisa Segini

Luar Biasa, Jumlah Sapi di Mesuji Bisa Segini

RADARLAMPUNG.CO.ID - Jelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Pemkab Mesuji menyiapkan sebanyak 24 hewan kurban sapi untuk masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Mesuji, Andri Jasman mengatakan, sapi yang disiapkan, merupakan sumbangan dari seluruh ASN yang ada di Mesuji.

"Sapi kurban ini nantikan akan disembelih di kantor Pemda Mesuji dan Kantor Kecamatan," ungkap Andri Jasman, Jumat, 8 Juli 2022.

Menurutnya, sapi kurban khusus untuk masyarakat, akan disembelih di kantor kecamatan dan akan dilakukan pada hari minggu bertepatan dengan hari raya idul adha.

BACA JUGA:Gara-Gara Miras Oplosan, Ayu Ting-Ting Dilaporkan ke Polda Bengkulu

Sedangkan dua sapi yang disembelih, akan dilakukan di kantor pemda mesuji pada hari senin, bertepatan dengan masuk kerjanya PNS.

"Sapi kurban itu dari patungan seluruh ASN, karena memang Pemda Mesuji tidak menganggarkan untuk pembelian hewan kurban. Nantinya, masing-masing OPD bertugas mengirim hewan kurban di kecamatan, dan Desa melakukan penyebarannya ke masyarakat," ungkapnya.

Andri Jasman menambahkan, Penjabat Bupati Mesuji, Sulpakar akan melangsungkan sholat Idul Adha di Masjid Agung Brabasan, dan membuka ramah tamah untuk ASN pukul 09.00 - 12.00 WIB, selanjutnya 13.00 - 18.00 WIB seluruh Kepala Desa dan masyarakat.

"Acara ini terbuka untuk umum karena Bupati ingin dekat dengan masyarakat," imbuhnya.

BACA JUGA:Khutbah Arafah, Mohammad Mukri Sampaikan Hikmah Haji Akbar dan Pesan Moderasi Beragama

Terpisah, Dalam mencegah Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan, Polres Mesuji melaksanakan Ops Aman Nusa II dengan melakukan Pengecekan Peternak Sapi pada Jumat 8 Juli 2022 di Desa Agung Batin, Kecamatan Simpang Pematang.

Kasat Binmas Polres Mesuji, AKP Sarijo  menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah Preventif dan Preemtif dalam upaya Pencegahan gangguan Kamtibmas.

Kemudian, agar Petani Sapi Lebih Waspada Terkait penyebaran Virus Mulut dan Kuku dengan lebih meningkatkan kebersihan kandang dan pakan serta dilaksanakan penyemprotan desinfektan.

"Kami juga Mengimbau kepada Peternak Sapi, kalau ada hewan yang terjangkit virus Penyakit Mulut dan Kuku dengan ciri ciri, kaki bengkak dan bernanah, mulut mengeluarkan cairan berlebih, ada luka lepuh pada bagian mulut, sapi bernafas cenderung lebih cepat dan tidak mau makan, agar di Isolasi atau dipisahkan dari Kandang guna mencegah Penularan ke yang lainnya, kemudian supaya segera Konsultasikan Kepada Dokter Hewan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: