Kabar Gembira, Tunjangan Sertifikasi Guru di Pesisir Barat Cair Pekan Ini

Kabar Gembira, Tunjangan Sertifikasi Guru di Pesisir Barat Cair Pekan Ini

Foto instagram @bank_Indonesia--

PESISIR BARAT, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tunjangan Profesi Guru (TPG) tahap II di Pesisir Barat (Pesbar) segera dicairkan pekan ini. Pencairan dilakukan melalui rekening masing-masing Guru SD dan SMP. 

Kabid Dikdas Paud dan PNFI Erik Putra AR mengatakan, setelah persiapan kelengkapan berkas sebagai syarat penyaluran TPG ke pemerintah pusat, tunjangan langsung akan disalurkan. 

“Setelah semua berkas lengkap dan tidak ada kendala, pemerintah pusat langsung menyalurkan TPG itu ke kas daerah. Selanjutnya disalurkan ke rekening masing-masing guru penerima,” kata Erik Putra mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesisir Barat Edwin Kastolani Burtha, Selasa 12 Juli 2022. 

Erik menuturkan, saat ini masih dalam proses di bank penyalur. Pihaknya sudah berkoordinasi terkait rencana pencairan TPG tahap II. 

BACA JUGA: Terkait Penjualan Minyak Curah, Pemkot Akan Koordinasi dengan Bulog

Dari hasil koordinasi dengan pihak bank, untuk TPG tahap II akan dicairkan pekan ini. Diharapkan tidak ada kendala. 

“Keseluruhan anggaran TPG tahap II itu sebesar Rp 7 miliar. Sedangkan penerima TPG di Pesisir Barat sebanyak 600 lebih guru,” jelasnya.

Erik Putra melanjutkan, selain TPG untuk PNS, sekaligus pencairan tambahan penghasilan bagi guru non sertifikasi. Total anggaran Rp 248 juta untuk 346 tenaga pendidik. 

Besaran penghasilan tambahan Rp250 ribu per bulan. Memang jauh berbeda dengan guru PNS yang telah menyandang sertifikasi, yakni penghitungan satu bulan gaji pokok.

BACA JUGA: Re.juve Luncurkan Produk Terbaru,True Cold-Pressed Juice Kiwi Line yang Tinggi Vitamin C dan Antioksidan Alami

Misalnya, gaji pokok guru PNS yang sertifikasi sebesar Rp 4 juta. Maka TPG juga sebesar Rp4 juta. 

Disdikbud Pesisir Barat tetap menekankan kepada guru serifikasi untuk benar-benar mengutamakan jam pelajaran.

Kemudian dapat lebih profesional dalam mengajar di sekolah. Sebab guru sertifikasi itu akan menjadi contoh bagi guru lainnya yang belum menyandang sertifikasi.

“Untuk itu diharapkan dengan banyaknya guru PNS yang telah menyandang sertifikasi di Pesisir Barat ini juga bisa mendongkrak kemajuan dan meningkatkan mutu pendidikan,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: