Puluhan Warga Pesawaran Diduga Keracunan Usai Riungan

Puluhan Warga Pesawaran Diduga Keracunan Usai Riungan

FOTO ILUSTRASI KERACUNAN--

PESAWARAN, RADARLAMPUNG.CO.ID - Puluhan warga Desa Lumbirejo, Kecamatan Negerikaton, PESAWARAN, terpaksa harus dilarikan ke Puskesmas Roworejo. Lantaran diduga keracunan makanan setelah makan mie ayam usai riungan di salah satu rumah warga setempat. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan, Puskesmas Roworejo Eni Widyawati mengatakan, kronologis kejadian tersebut bermula saat sekitar 49 jamaah pengajian menyantap hidangan yang disediakan tuan rumah, Jumat 15 Juli 2022.

"Jamaah pengajian tepatnya Jumat mengikuti pengajian rutin di kediaman Tusiyah di Lumbirejo. Ada  sekitar 49 jamaahpengajian menyantap hidangan yang disediakanoleh tuan rumah yang terdiri dari mie ayam dan asinan,"ungkap Eni mewakili Kepala Dinas Kesehatan, Media Aprilana, Minggu 17 Juli 2022

Dikatakan, ada beberapa peserta yang tidak menyantap hidangan ditempat, namun dibawa pulang ke rumah dan kemudian dimakan oleh anggota keluarga yang lain dirumah seperti anak, suami.

BACA JUGA:Open Tournament Mobile Legends Radarlampung.co.id 2022

Selanjutnya, pada Sabtu, 16 Juli 2022 sekitar jam 17.00 WIB,  bidan desa mendapatkan laporan dari beberapa warga yang datang untuk berobat ke rumah dengan gejala mual, muntah, Buang Air Besar Cair (diare) serta pusing

"Pada Sabtu sekitar jam 18.00 WIB hampir seluruh peserta pengajian mengalami hal serupa," ucapnya. 

Diakui Eni, bahwa pihaknya sudah mengambil sampel makanan yang diduga merupakan penyebab keracunan makanan yang terdiri dari Kecap, Saos dan Sisa Mie untuk dikirim ke laboratorium.

Selain itu petugas juga sedang mengupayakan pengambilan sampel feses/tinja dari pasien yang masih mengalami diare.

BACA JUGA:Soal Penembakan Brigadir J, Komnas HAM Ungkap Bukti Terbaru

"Sampai dengan siang tadi, pasien yang dirawat sebanyak  23 orang, dirujuk 9 orang dan diobservasi 13 orang," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: