Iklan Bos Aca Header Detail

Jemaah Haji Pringsewu Dijadwalkan Pulang Akhir Juli

Jemaah Haji Pringsewu Dijadwalkan Pulang Akhir Juli

Jemaah haji Pringsewu dijadwalkan kembali ke tanah air akhir Juli. --

BACA JUGA: Aturan Tambahan, Tiba di Tanah Air, Jemaah Haji Harus Tes Antigen  

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan mengeluarkan aturan tambahan terkait kedatangan jemaah haji ke tanah air. Tes antigen untuk seluurh jemaah haji. 

Aturan ini menghapuskan ketentuan tes antigen acak bagi jemaah haji Indonesia.

"Ketentuan pemeriksaan skrining antigen Covid-19 yang semula secara acak dilakukan terhadap 10 persen dari jumlah jemaah haji setiap kloter, sekarang menjadi dilakukan terhadap seluruh jemaah haji yang kembali ke Indonesia," terang Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu, Kamis 21 Juli 2022. 

Menurut Maxi Rein Rondonuwu, aturan tambahan tersebut dikeluarkan berdasar arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

BACA JUGA: Pulang ke Indonesia, 13 Jemaah Haji Positif Covid-19, Ini Langkah yang Harus Diambil

Ini sudah diterapkan di setiap pintu masuk internasional (debarkasi) sesuai Surat Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor SR.03.04/C/3454/2022 tertanggal 15 Juli 2022.

Berdasar data Kementerian Kesehatan, hingga Rabu 20 Juli 2022, tercatat 18 jemaah haji positif Covid-19. 

Dari jemaah haji yang positif Covid-19, 17 orang ada di Surabaya dan satu di Solo. Seluruh pasien mengalami gejala ringan sehingga memungkinkan untuk menjalani isolasi mandiri. 

Sebelumnya, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Hilman Latief mengingatkan jemaah haji Indonesia, khususnya yang masih berada di Arab Saudi untuk tetap waspada.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Jemaah Haji Lampung Barat Sudah Kembali

Hati-hati terhadap setiap potensi terjadinya penularan virus Corona. Apalagi setelah puncak haji, ada sejumlah jemaah dan petugas yang terserang flu berat. 

“Kami tentu saja di sini terus melakukan sosialisasi dan penyadaran, penguatan kesadaran kepada seluruh jemaah bahwa kehati-hatian tetap perlu dilakukan,” kata Hilman ketika memberikan keterangan pers di Mekkah, Selasa 19 Juli 2022. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: