Sudah Rampung, Pendistribusian Logistik Pilkades Desa Terisolasi di Pesisir Barat

Sudah Rampung, Pendistribusian Logistik Pilkades Desa Terisolasi di Pesisir Barat

FOTO DOK. DINAS PMP PESISIR BARAT - Dinas PMP Pesisir Barat menyerahkan logistik pilratin di dua pekon terisolasi yang ada di Kecamatan Bangkunat.--

PESISIR BARAT, Radarlampung.co.id - Pendistribusian seluruh logistik pemilihan kepala desa (pilkades) atau pemilihan peratin (pilratin) serentak tahun 2022 di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), telah selesai.

Pendistribusian utamanya di dua pekon atau desa yang ada di wilayah terisolasi. Yakni Pekon Way Haru dan Bandar Dalam, Kecamatan Bangkunat, 

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Bidang Kelembagaan dan Pemerintah Pekon Hendri Setiawan mendampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Pesisir Barat M. Nursin Chandra mengatakan, hingga kini, logistik pilratin hanya surat suara yang belum didistribusikan.

Karena, pendistribusiannya dijadwalkan Selasa 26 Juli 2022. “Kecuali untuk di wilayah terisolasi yang menyelenggarakan pilratin yakni Way Haru dan Bandar Dalam. Itu semua logistik Pilratin sudah didistribusikan lebih awal yakni Jumat 22 Juli 2022,” katanya, Minggu 24 Juli 2022.

BACA JUGA:Lagi-Lagi Mayat Ditemukan di Lampung Tengah

Dia menjelaskan, logistik pilratin untuk diwilayah terisolasi itu, baik logistik kotak suara, bilik suara, perlengkapan pencoblosan, dan surat suara serta perlengkapan lainnya, dilakukan lebih awal dari pekon lainnya. Itu dengan pertimbangan jarak tempuh yang jauh dan sulit dijangkau, serta pertimbangan lainnya.

“Jika logistik surat suara untuk wilayah terisolasi itu didistribusikan H-1 pilratin, dikhawatirkan ada kendala,” jelasnya.

Pasalnya, kondisi medan jalan menuju wilayah terpencil itu cukup sulit, terlebih kini masih musim penghujan. Sehingga sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan itu maka khusus logistik di dua pekon yang ada di wilayah terisolasi itu semuanya didistribusikan lebih awal.

Tentu dalam pendistribusiannya tetap mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian, TNI, serta pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:Tekan Kenaikan Kasus Stunting, Zaidirina Pastikan Seluruh OPD Terlibat

“Semua logistik pilratin itu ditempatkan di masing-masing balai pekon. Yang jelas dalam pendistribusian logistik Pilratin di wilayah terisolir itu tidak ada kendala,” katanya.

Sementara itu, kata dia, terkait dengan persiapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di 68 pekon yang akan menyelenggarakan pilratin serentak, itu nanti akan ditangani oleh masing-masing panitia pilratin yang ada di tingkat pekon.

Biasanya H-2 pilratin panitia di tingkat pekon itu sudah mulai mempersiapkan pembuatan TPS, maupun persiapan lainnya. “Kita juga berharap dalam persiapan TPS di masing-masing Pekon nanti tidak terkendala dan berlangsung maksimal,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: